5 Tips Taktik Ampuh Semoga Anak Mau Makan


anakaktif.com - Anak susah makan sering kali menjadi momok yang dapat menciptakan orang bau tanah khawatir. Tidak hanya itu, terkadang ada anak yang hanya mau makan satu jenis masakan saja selama berhari-hari. Untuk menghadapinya, orang bau tanah dilarang kalah cerdik dengan si buah hati, Anda dapat mencari solusi untuk hal ini, mulai dari bertanya ke dokter atau buatlah banyak sekali varian masakan yang dapat menciptakan si kecil mau makan.

5 Tips Strategi Ampuh Agar Anak Mau Makan


Mengajak Anak Bermain

Mengajak anak bermain yaitu salah satu bab dari 5 Tips Strategi Ampuh Agar Anak Mau Makan, tentunya dengan permainan yang tidak terlalu menguras fisik. Seperti bermain mobil-mobilan atau bermain boneka. Ketika fokus anak teralihkan dengan bermain, Anda dapat sambil menyuapinya. Lakukan hal ini dengan tidak terburu-buru, biar anak tidak terlalu menyadari bahwa dirinya sedang disuapi.

Ajak anak untuk saling berinteraksi dengan Anda dikala sedang bermain. Ketika anak mulai tidak mau disuapi, Anda harus dapat mengalihkan kembali fokusnya. Hal terpenting yang harus diingat. Bila anak tidak mau makan, jangan sekali-kali memaksanya. Cara pemaksaan akan menciptakan anak menjadi trauma. Akibatnya, si buah hati akan semakin sulit makan di kemudian hari.



Berikan Hadiah

Siapa yang tidak bahagia diberi hadiah, trik satu ini dapat Anda coba sesekali untuk si buah hati. Beri si anak hadiah kalau ia makan dengan baik. Dengan begitu, maka si kecil akan lebih bersemangat untuk makan. Namun, hindari hadiah ibarat memperlihatkan masakan manis, gorengan atau masakan yang berdampak jelek untuk si kecil.

Variasikan Menu

Pada umumnya anak mempunyai sifat cepat bosan, termasuk dalam hal makanan. Oleh alasannya yaitu itu, salah satu cara biar anak mau makan ialah dengan cara memvariasikan menu makanan. Di sini kreatifitas Anda dapat dimunculkan, dapat dimulai dari pemilihan menu makanan, bentuk dan cara menyajikan.

Pemilihan menu makanan yaitu aktivitas paling dasar yang dapat Anda lakukan, disarankan untuk menentukan menu yang tidak monoton, biar menghindari si buah hati tidak mau makan. Tentunya dengan selalu memperhatikan nilai gizi masakan yang akan Anda sajikan.

Berikutnya yaitu bentuk makanan. Bagi si kecil bentuk masakan yang lucu akan terlihat lebih menarik, sehingga dapat menggugah selera makannya. Bentuklah masakan yang sederhana, contohnya buat bentuk telor mata sapi atau bentuk abjad kartun yang ia sukai.

Cara menyajikan masakan pun tak lepas dari kreatifitas, perhatikan daerah dan cara penataannya. Hal ini dapat menarik perhatian si kecil biar anak mau makan.

Sajikan dengan Porsi Kecil

Porsi anak dengan orang cerdik balig cukup akal jelaslah berbeda. Dikarenakan lambung si kecil tak sebesar orang dewasa, maka jangan memaksa anak untuk makan terlalu banyak. Makanlah dengan porsi yang cukup, biar anak tak keburu malas untuk menyantapnya.

Mengajak Anak untuk Makan Bersama

Kegiatan ini yaitu cara yang paling gampang dilakukan, Anda hanya butuh waktu untuk dapat berkumpul. Sediakan banyak sekali macam masakan di atas meja makan, hal ini bertujuan untuk  mengenalkan si kecil bahwa banyak macam variasi dan jenis masakan yang dapat kita makan.

Anda dapat menanyakan ke si kecil, kalau ia mau makan apa. Karena banyak variasi makanan, Anda dapat memperlihatkan saran kalau masakan ini lebih bergizi dibandingakan masakan cepat saji atau jajanan di luar.

Nah itulah 5 Tips Strategi Ampuh Agar Anak Mau Makan, Anda dapat mencobanya di rumah. Kunci untuk melaksanakan hal ini yaitu sabar, alasannya yaitu anak membutuhkan perhatian yang ekstra sebelum memulai teladan hidup makan yang baik dan teratur

Baca Juga:

1. Nostalgia! Inilah 5 Permainan Anak Tradisional Terpopuler 
2. 6 Tips Cara Praktis Memilih Baju Anak 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel