Cara Cepat Dan Sempurna Menangani Mimisan Pada Anak

google


anakaktif.com - Mimisan yaitu pendarahan yang terjadi pada hidung. Darah sanggup keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi berbeda-beda. Ada yang mengalaminya hanya selama beberapa detik dan ada juga yang lebih dari 10 menit.

Biasanya mimisan lebih sering menimpa bawah umur dibandingkan dengan orang dewasa, terutama di usia 3-10 tahun bawah umur akan sering mengalaminya. Menurut dr. Ferdy Limawal yang menjadi penyebab mimisan adalah bila selaput lendir dan pembuluh darah di dalam hidung tipis. Berikut penyebab mimisan, sering mengorek hidung (mengupil), cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin, bersin atau mengeluarkan ingus terlalu keras, pilek alergi maupun infeksi, anak sedang demam tinggi, hidung terbentur atau lelah fisik.

Dengan mengetahui Penyebab mimisan pada anak, Anda sanggup mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan apabila hal ini terjadi. Berikut ini yaitu langkah-langkah cara menangani mimisan pada anak: 

1. Bersikap Tenang

Hal terpenting yang harus Anda lakukan apabila anak mengalami mimisan yaitu dengan tetap bersikap tenang, usahakan jangan terlihat panik. Tetap tenangkan anak supaya Anda lebih gampang melaksanakan pertolongan.

2. Atur Posisi

Tempatkan anak pada posisi yang tepat, menyerupai dudukan anak dengan posisi kepala agak menunduk. Minta supaya beliau tidak bersandar untuk menghindari kemungkinan darah mengalir dari terusan hidung penggalan dalam ke tenggorokan, kerongkongan, atau keluar dari mulut. Hal ini kemungkinan sanggup menyebabkan anak tersedak, batuk atau muntah.

3. Siapkan Tisu atau Lap Bersih

Tutup hidung dengan memakai tisu atau lap bersih, dengan cara menekan penggalan hidung yang lunak. Tekan penggalan tersebut selama 10 menit dengan kekuatan tekanan yang stabil. Anda juga sanggup memberi kompres dingin. Tujuannya untuk menghentikan pendarahan.

Setelah 10 menit, lepaskan. Perhatikan, apakah pendarahan sudah berhenti atau belum. Jika pendarahan belum berhenti, ulangi langkah tersebut. Perlu diingat, hindari memasukkan tisu atau lap ke lubang hidung. Dikhawatirkan kalau hal ini dilakukan, tisu atau lap akan tertinggal di lubang hidung.

Apabila anak mengalami beberapa tanda seperti, darah belum berhenti padahal sudah melaksanakan cara menangani mimisan seperti di atas, anak tampak lemas dan pucat, detak jantung atau denyut nadi cepat serta sulit bernafas, darah yang keluar diperkirakan sudah terlalu banyak, anak mengalami batuk atau muntah alasannya darah dari hidung terlanjur mengalir ke kerongkongan, kemudian ke verbal dan mungkin tertelan. Anda pun harus cepat tanggap dalam hal ini, segera bawa anak ke rumah sakit.

Mimisan sebenarnya tidak berbahaya dan akan berhenti dengan sendirinya sesudah usia bertambah. Pertumbuhan selaput lendir dan dinding pembuluh darah akan semakin menebal dan berpengaruh seiring dengan bertambahnya usia, sehingga pendarahan tidak akan terjadi lagi.

Bunda, semoga artikel cara cepat dan sempurna menangani mimisan pada anak bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel