Harus Dan Seharusnya Standar Yang Dicapai Forum Paud

1.         STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN

1.1.        Tingkat Pencapaian Perkembangan

1.1.1         Pencapaian Perkembangan

1.1.1.1    Program PAUD harus mempunyai dokumen pencapaian perkembangan anak berdasarkan atas 6 (enam) aspek lingkup pencapaian perkembangan.

1.1.2     Pencapaian Perkembangan Sesuai Kelompok Usia

1.1.2.1    Program PAUD harus mempunyai dokumen pencapaian perkembangan anak yang dikelompokan berdasarkan atas kelompok usia.

1.1.3     Pendokumentasian Pencapaian Perkembangan

1.1.3.1    Program PAUD seharusnya mendokumentasikan pencapaian perkembangan anak dalam berbagai bentuk rekaman.

2.    STANDAR ISI

1.1          Kurikulum

2.1.1     Struktur Kurikulum

2.1.1.1 Program PAUD harus mempunyai kurikulum operasional yang meliputi 6 aspek lingkup pengembangan.
2.1.1.2 Program PAUD seharusnya memiliki kurikulum operasional  yang terstruktur secara terpadu memakai aneka macam pendekatan dan kegiatan.
1.1.2         Acuan  Kurikulum
2.1.2.1 Program PAUD seharusnya  mempunyai kurikulum operasional yang mengacu pada aneka macam standar.

1.1.3         Peninjauan Kurikulum

1.1.3.1    Program PAUD seharusnya melakukan peninjauan kurikulum dengan frekuensi tertentu.

1.2          Lingkup Materi

2.2.1         Layanan Menurut Kelompok Usia

2.2.1.1 Program PAUD harus  memperlihatkan layanan berdasarkan kelompok usia.

2.2.2         Beban Belajar

2.2.2.1    Program PAUD seharusnya memperlihatkan layanan berdasarkan kelompok usia dengan durasi waktu per hari.
2.2.2.2    Program PAUD seharusnya memperlihatkan layanan berdasarkan kelompok usia dengan durasi waktu per minggu.

2.2.3         Rombongan Belajar

2.2.3.1    Program PAUD seharusnya mempunyai rasio pendidik dan akseptor didik sesuai dengan jenis layanan berdasarkan kelompok usia.

2.3          Kompetensi

2.3.1         Aspek Perkembangan

2.3.1.1    Program PAUD harus melaksanakan pembelajaran harian yang memuat 6 aspek lingkup pengembangan secara terpisah.

2.4           Kalender Pendidikan

2.4.1         Bentuk dan Substansi Kalender Pendidikan

2.4.1.1 Program PAUD seharusnya mempunyai kalender pendidikan yang meliputi aneka macam hal.
2.4.1.2 Program PAUD seharusnya mempunyai kalender pendidikan yang dijadikan dasar untuk aneka macam tujuan.
2.4.2     Sosialisasi Kalender Pendidikan
2.4.2.1 Program PAUD sebaiknya menyosialisasikan kalender pendidikan melalui aneka macam media dan kegiatan.

3           STANDAR PROSES

1.1          Perencanaan Proses Pembelajaran

3.1.1     Rencana Kegiatan Semester

3.1.1.1 Program PAUD seharusnya mempunyai Rencana Kegiatan Semester (RKS) yang memuat berbagai aspek.

3.1.2         Rencana Kegiatan Mingguan

3.1.2.1    Program PAUD harus mempunyai Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) yang memuat berbagai aspek.
3.1.3     Rencana Kegiatan Harian
3.1.3.1  Program PAUD seharusnya mempunyai Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang memuat aneka macam aspek.

3.1.4     Program Holistik Integratif

3.1.4.1  Program PAUD harus mempunyai agenda holistik integratif yang meliputi aneka macam bahan pembelajaran.
1.1.4.2    Program PAUD sebaiknya mempunyai agenda holistik integratif yang memuat aneka macam catatan tertulis.

1.2          Pelaksanaan Proses Pembelajaran

3.2.1.       Penataan Lingkungan Main

3.2.1.1  Program PAUD seharusnya menciptakan lingkungan main yang bercirikan aneka macam situasi.

3.2.2.       Pengorganisasian Kegiatan

3.2.2.1.  Program PAUD seharusnya melaksanakan setting pembelajaran di berbagai tempat.
3.2.2.2. Program PAUD seharusnya memiliki tiga kegiatan pokok yang diorganisasikan dalam aneka macam setting pembelajaran.
3.3.   Penilaian Proses Pembelajaran

3.3.1.       Waktu Penilaian

3.3.1.1. Program PAUD seharusnya melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran dalam aneka macam durasi waktu.

3.3.2.       Teknik Penilaian

3.3.2.1.  Program PAUD seharusnya melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran memakai aneka macam teknik penilaian.

4.              STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

4.1     Pendidik

4.1.1         Kualifikasi Akademik Pendidik

4.1.1.1  Program PAUD seharusnya mempunyai pendidik yang berkualifikasi akademik sesuai dengan statusnya.

4.1.2         Kompetensi Pendidik

4.1.2.1  Program PAUD harus mempunyai pendidik yang berkompetensi sesuai dengan status    dan mengikuti pelatihan.

4.2     Tenaga Kependidikan

4.1.1         Kualifikasi Akademik Tenaga Kependidikan

4.2.1.1 Satuan PAUD seharusnya mempunyai tenaga kependidikan yang  berkualifikasi akademik sesuai dengan statusnya.

4.1.2         Kompetensi Tenaga Kependidikan

4.2.2.1 Satuan PAUD harus mempunyai tenaga kependidikan yang  berkompetensi sesuai dengan statusnya dan mengikuti pelatihan.

5                STANDAR SARANA DAN PRASARANA

5.1     Sarana

5.1.1         Sarana Pendidikan

5.1.1.1  Satuan PAUD harus mempunyai berbagai sarana pendidikan.
5.1.2     Sarana Pembelajaran
1.1.2.1    Program PAUD harus mempunyai berbagai sarana pembelajaran.

1.2     Prasarana

5.2.1         Lahan

5.2.1.1  Satuan PAUD seharusnya memiliki luas lahan untuk kegiatan berguru yang mendukung proses pembelajaran. 

5.2.2         Gedung

5.2.2.Satuan PAUD harus mempunyai aneka macam jenis dan jumlah ruang yang dipersyaratkan.
5.2.2.2  Satuan PAUD seharusnya mempunyai ruang dan halaman yang memenuhi persyaratan  keamanan, kebersihan, kesehatan, kenyaman dan keindahan.
5.2.3     Status Kepemilikan
5.2.3.1 Satuan PAUD seharusnya mempunyai lahan dan gedung dengan status kepemilikan yang jelas.

5.2.4     Prasarana Instalasi

5.2.4.1     Satuan PAUD harus mempunyai aneka macam prasarana instalasi.

 

6.       STANDAR PENGELOLAAN

6.1      Perencanaan

6.1.1         Visi, Misi dan Tujuan

6.1.1.Satuan PAUD harus mempunyai rumusan visi.
6.1.1.Satuan PAUD harus mempunyai rumusan misi.
6.1.1.Satuan PAUD harus mempunyai rumusan tujuan.

6.1.2         Sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan

6.1.2.1 Satuan PAUD seharusnya menyosialisasikan visi,misi dan tujuan tersebut melalu aneka macam media dan/atau kegiatan.

6.1.3         Rencana Kerja Tahunan

6.1.3.1  Satuan PAUD harus mempunyai Rencana Kerja Tahunan.

6.1.4         Rencana Kerja Lima Tahunan

6.1.4.Satuan PAUD sebaiknya mempunyai Rencana Kerja Lima Tahunan.

6.2     Pengorganisasian

6.2.1         Struktur Organisasi

6.2.1.1 Satuan PAUD harus mempunyai struktur organisasi yang mengandung berbagai unsur.
6.2.1.2  Satuan PAUD harus mempunyai deskripsi tugas pokok dan fungsi yang jelas.

6.2.2         Jaringan Kemitraan

6.2.2.1 Satuan PAUD seharusnya mempunyai jaringan kerjasama/kemitraan dengan pihak lain yang terkait.

6.3     Pelaksanaan

6.3.1         Panduan Pelaksanaan

6.3.1.1  Satuan PAUD seharusnya mempunyai aneka macam buku panduan pelaksanaan kegiatan.
6.3.2     Pengadministrasian
6.3.2.Satuan PAUD seharusnya mempunyai berbagai buku untuk admnistrasi.
6.3.3     Sistem Informasi Manajemen
6.3.3.Satuan PAUD seharusnya mempunyai Sistem Informasi Manajemen.
6.4     Pengawasan

6.4.1     Penjadwalan

6.4.1.1 Satuan PAUD seharusnya melaksanakan pengawasan terhadap proses dan hasil pelaksanaan agenda dengan frekuensi tertentu.

6.4.2         Pelaporan

6.4.2.1  Satuan PAUD seharusnya mempunyai laporan hasil pengawasan (supervisi) yang mengandung uraian.

6.5     Penilaian

6.5.1         Unsur Penilaian

6.5.1.1  Satuan PAUD seharusnya mempunyai penilaian terhadap hasil kerja yang mengandung aneka macam unsur.
6.5.2     Pendokumentasiaan
6.5.2.1 Satuan PAUD seharusnya mempunyai hasil evaluasi yang didokumentasikan dengan baik.

6.5.3         Penghargaan

6.5.3.1 Satuan PAUD seharusnya pernah menerima  penghargaan dalam aneka macam tingkat.

7                STANDAR PEMBIAYAAN

7.1     Perencanaan

7.1.1         Jenis Pembiayaan

7.1.1.Satuan PAUD seharusnya mempunyai aneka macam jenis pembiayaan.
7.1.2     Sumber Pembiayaan
7.1.2.1 Satuan PAUD seharusnya mempunyai aneka macam sumber pembiayaan.
7.2     Pelaksanaan

7.2.1     Laporan Penggunaan

7.2.1.1  Satuan PAUD seharusnya mempunyai laporan tahunan ihwal penggunaan dana.
7.2.2     Pengadministrasian
7.2.2.Satuan PAUD harus mempunyai pembukuan berbagai buku terkait pembiayaan.

8                STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

8.1     Perencanaan

8.1.1         Panduan Penilaian

8.1.1.1  Program PAUD seharusnya  mempunyai berbagai bentuk panduan penilaian.

8.2     Pelaksanaan

8.2.1         Teknik Penilaian

8.2.1.1 Program PAUD harus melaksanakan evaluasi degan aneka macam bentuk dan teknik penilaian.

8.2.2         Pelaporan

8.2.2.1  Program PAUD harus menyampaikan laporan hasil evaluasi secara teratur kepada orangtua akseptor didik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel