Pengertian Paud Holistik Integratif
Tuesday, March 26, 2019
Edit
Pengertian Paud holistik integratif merupakan pendidikan anak usia dini yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan ibarat nilai moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan tubuh serta aspek material dan aspek spiritual untuk memenuhi kebutuhan esensial anak.
Disebut Paud holistik integratif alasannya ialah pelayanan yang diberikan dalam PAUD holistik integratif tidak hanya dalam satu bidang pendidikan saja, akan tetapi pelayanan yang meliputi kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi, contoh pengasuhan dan sumbangan untuk anak.
Anak merupakan suatu totalitas yang utuh, oleh alasannya ialah itu diperlukan pendidikan yang menyeluruh untuk memenuhi hak anak. Setidaknya ada 5 kebutuhan yang menjadi hak anak yaitu
1. Hak anak untuk terjaga dan terhindar dari penyakit
2. Hak mendapat kecukupan gizi sebagai sarana untuk memaksimalkan kemampuan otaknya dan bereksplorasi
3. Hak mendapat stimulasi yang baik
4. Hak mendapat contoh pengasuhan yang baik
5. Hak sumbangan dari kekerasan fisik dan kekerasan psikologis
Tujuan dari Paud holistik integratif tercantum dalam Peraturan Presiden (PERPRES) No 60 Tahun 2013 yang berbunyi
1. Terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia
2. Terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan dan gizi, rangsangan pendidikan, training moral-emosional dan pengasuhan sehingga anak sanggup tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai kelompok umur
3. Terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada
4. Terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar forum layanan terkait, sesuai kondisi wilayah dan
5. Terwujudnya janji seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Pemerintah Daerah, dalam upaya Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif.
Sedangkan Prinsip Paud Holistik integratif yaitu
1. Bersifat menyeluruh dan berintegrasi
2. Berkesinambungan dan konsisten
3. Tidak ada diskriminasi dalam menawarkan pelayanan
4. Pelayanan yang tersedia, gampang terjangkau dan sanggup diterima oleh masyarakat
5. Peran dari masyarakat
6. Berdasarkan budaya yang bersifat konstruktif
7. Good Governance (Pemerintahann yang baik)
Dalam membentuk PAUD holistik integratif maka diperlukan sumber daya insan yang mumpuni biar tujuan dari PAUD holistik integratif ini bisa tercapai yaitu mewujudkan anak sehat, cerdas, ceria dan mempunyai budbahasa yang mulia. Maka dari itu para guru-guru PAUD holistik integral hendaknya memperhatikan 5 hal sebagai berikut
1. Pelatihan sebelum melaksanakan pembelajaran di sekolah PAUD. Tujuannya ialah biar guru bisa menjadi guru yang mempunyai perilaku ramah, penyayang dan bisa memotivasi siswa-siswi secara tulus
2. Guru harus menawarkan kesempatan anak untuk menyebarkan potensi yang dimilikinya baik itu aspek emosi, sosial, kreatifitas dan aspek spiritual
3. Guru harus bisa membina dan membentuk abjad siswa-siswi dengan memperhatikan 9 pilar karakter yang diberikan secara intensif dengan metode knowing/mengetahui, loving/mencintai, and acting the good/melakukan kebaikan.
4. Guru harus menawarkan pengalaman pembelajaran yang bersifat konkret, kontekstual dan mampu merangsang siswa berguru aktif, menyenangkan dan tanpa tekanan atau beban
5. Guru Paud menawarkan kesempatan secara eksklusif bagi siswa-siswi untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bersifat nyata.
Paud holistik integratif merupakan solusi pembelajaran yang efektif biar pengembangan anak usia dini bisa berjalan dengan maksimal. Pengertian dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah, pihak keluarga/wali murid dan pihak Pemerintah harus terjalin dengan baik biar tujuan dari pembelajaran PAUD holistik integratif bisa diraih.