Manfaat Pijat Bayi Untuk Anak-Anak

 atau yang biasa disebut dengan stimulasi sentuh Manfaat Pijat Bayi untuk Anak-anak
Stimulasi pijat atau yang biasa disebut dengan stimulasi sentuh, terapi pijat bayi, baby massage, infant massage mempunyai manfaat yang sangat baik untuk anak ataupun bayi. Dengan menunjukkan stimulasi pijat maka ada beberapa interaksi konkret yang sanggup didapatkan yakni kombinasi bentuk stimulasi ibarat stimulasi auditory, stimulasi visual, raba dan kinestetik.

Pijat bayi mempunyai manfaat utama yakni untuk membantu memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan bayi.  Sebaiknya dalam menunjukkan pijat bayi dilakukan dalam suasana dan kondisi yang menyenangkan dan nyaman.  Durasi waktu dalam proses pemijatan bayi hendaknya kurang lebih 15 menit dan diberikan secara rutin.  Ada baiknya jikalau orang renta menunjukkan stimulasi pijat ini kepada bayinya.

Perbedaan Pijat bayi dan urut tradisional

Pijat bayi dan urut tradisional hampir mempunyai kesamaan yang sama.  Karena pada prinisipnya sama-sama menunjukkan bentuk manipulasi pada jaringan lunak tubuh dengan cara memegang, menggerakkan dan menunjukkan pengutamaan pada potongan tubuh tertentu untuk menunjukkan dampak konkret pada bayi.

Adapun perbedaan urut bayi dan pijat bayi yakni tujuan dari santunan terapi tersebut. Biasanya urut bayi diberikan untuk menyembuhkan penyakit/sakit yang dialami bayi atau sebagai kegiatan penyembuhan suatu penyakit yang dialami oleh bayi.  Dan urut bayi biasanya diberikan oleh PARAJI atau dukun bayi.  

Sedangkan pijat bayi itu sendiri berbeda dengan urut bayi.  Stimulasi pijat (pijat bayi) harus dilakukan dalam suasana yang menyenangkan yang sanggup dilakukan oleh orang tua, tenaga kesehatan atau anggota keluarga yang lain.  Pijat bayi berhenti dilakukan manakala bayi merasa kesakitan, dan pijat sanggup dilakukan kembali apabila bayi telah merasa nyaman.  Selain itu pijat bayi sanggup diiringi dengan terapi yang lain, contohnya stimulasi auditory (terapi suara) dan stimulasi visual.  Tentu saja hal ini akan berbeda dengan urut bayi.

Lantas apa saja manfaat dari pijat bayi?  Ada beberapa manfaat yang sanggup didapatkan dengan terapi pijat bayi, antara lain

1. Membantu menguatkan bayi untuk menyusui
2. Memberikan kenyamanan pada bayi dengan rilaksasi
3. Memaksimalkan istirahat bayi sehingga tidur bayi akan lebih pulas
4. Membangun kedekatan dengan orang renta khususnya ibu
5. Membantu menaikkan berat tubuh bayi
6. Meningkatkan nafsu makan bayi.
7. Memperbaiki sistem pencernaan bayi
8. Menghilangkan ketidaknyamanan pada bayi
9. Menurunkan kadar hormon stress pada bayi
10. Mengatasi gangguan tidur pada bayi

Selain itu dengan menunjukkan pijat bayi, ada beberapa sisi konkret yang sanggup didapatkan para orang renta antara lain

1. Menguatkan tali kekerabatan antara bayi dengan orang tua
2. Memahami bahasa instruksi bayi
3. Lebih PD lagi dalam mengurus dan merawat bayi
4. Menghilangkan stress pada orang tua
5. Menciptakan suasana yang menyenangkan

Pijat bayi sanggup diberikan jikalau bayi sudah cukup bulan.  Untuk memastikan cukup bulan maka hal yang sanggup dilakukan yakni dengan berkonsultasi tenaga kesehatan (Bidan).  Dalam menunjukkan pijat bayi dianjurkan jangan dilakukan sesudah anak simpulan makan, bayi ketika lapar, bayi sedang sakit ataupun ketika bayi kelihatan enggan untuk diberikan pijatan.

Dalam melaksanakan pijat bayi hendaknya memperhatikan selalu respons yang diberikan bayi. Ketika bayi terlihat kesakitan maka pijatan jangan diteruskan.  Untuk membantu kelancaran pijatan bayi, maka lotion ataupun minyak kelapa sanggup digunakan.  Siapkan waktu dan kondisikan suasana yang nyaman dan menyenangkan supaya proses pemijatan sanggup berjalan dengan lancar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel