Si Kecil Demam Tinggi? Ini Yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua

google

anakaktif.com-Setiap orang renta niscaya merasa khawatir dikala buah hati mengalami demam tinggi. Tentunya sebagai ayah dan bunda, Anda akan pribadi melaksanakan tindakan pertama menyerupai mengambil termometer untuk mengukur suhu badan si kecil, atau pribadi menunjukkan obat penurun demam tinggi. Demam sanggup terjadi pada siapa saja dan kapan saja, apalagi anak kecil yang daya tahan tubuhnya rentan terhadap penyakit.

Banyak hal yang sanggup menyebabakan demam, di antaranya ialah alergi, infeksi, batuk dan flu. Demam merupakan salah satu tanda-tanda atau reaksi terhadap suatu virus atau penyakit bahwa badan sedang melawan infeksi. Suhu badan 37.5 - 38 derajat sanggup dikategorikan sebagai demam, baik orang remaja atau belum dewasa suhu badan menyerupai ini sanggup menimpa siapa saja.

Berikut tips Pertolongan Pertama Bila si Kecil Demam Tinggi

1. Bersikap Tenang

Bersikap damai ialah hal yang sangat penting, apalagi menghadapi anak demam tinggi. Jika Anda bersikap panik, maka si kecil juga akan mencicipi hal yang sama. Sikap damai diharapkan supaya Anda sanggup melaksanakan hal cepat, sempurna dan terarah untuk memilih dukungan pertama.
Baca Juga: 5 Tips Strategi Ampuh Agar Anak Mau Makan
2. Periksa Suhu Tubuh

Periksa suhu badan anak untuk mengetahui berapa derajat demamnya. Lakukan hal ini secara terjadwal supaya Bunda sanggup memantau suhu badan si kecil apakah masih terus naik atau sudah turun.

3. Kompres Menggunakan Air Hangat

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan mengopresnya dengan air hangat. Kompres si kecil pada penggalan dahi dan ketiaknya. Usapkan air hangat ke penggalan punggung atau badan lainnya yang mengalami demam tinggi.

4. Memberi Minum

Ketika si kecil mengalami demam tinggi, berikan air minum hangat yang cukup. Hal ini untuk menghindari anak dehidrasi. Berikan ASI sesering mungkin apabila si kecil masih bayi.

 Baca Juga: Tips Jitu Memilih Sepatu Anak Agar Nyaman Digunakan
5. Kenakan Pakaian Tipis

Hindari memakai pakaian tebal menyerupai jaket, sweater atau selimut yang berbahan rasfur. Pakaian tebal justru akan meningkatkan suhu badan si kecil dan sanggup menimbulkan step. Kenakan pakaian tipis, longgar dan sanggup menyerap keringat dengan cepat.

6. Memberikan Obat

Memberi obat penurun demam dengan takaran yang sempurna dan biarkan si kecil beristirahat terlebih dahulu. Jika demam tidak turun dalam waktu 2 hari, sebaiknya segera membawa anak ke dokter.

Disarankan untuk menyediakan obat-obatan di rumah, supaya dikala keluarga ada yang sakit, Anda sanggup lebih cepat dan gampang untuk menunjukkan dukungan pertama. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga: Bunda Wajib Baca!! Cara Praktis 6 Tips Anak Masuk Sekolah Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel