Panduan Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Online Kemenag
Monday, October 1, 2018
Edit
Assalamu alaikum... para sahabat guru dan admin madrasah ibtidaiyah di seluruh nusantara. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi melalui dunia internet / online termasuk dunia pendidikan pun juga ikut berkembang untuk mempermudah data madrasah ibarat EMIS (Education Management Information System), SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag) dan lain-lain. Saat ini tahun pelajaran 2018/2019, kemenag meningkatkan rekapitulasi nilai siswa melalui Aplikasi Rapor Digital (ARD).
Aplikasi Rapor Digital merupakan unit tata perjuangan terkait dengan pendataan dan manajemen madrasah bidang evaluasi pengetahuan, keterampilan, spiritual dan sosial yang dilakukan secara online. Hal ini dibebankan kepada operator madrasah dan operator guru.
Seperti halnya di simpatika ada saluran admin/kepala dan saluran guru. Begitu juga dengan Aplikasi Rapor Digital ini, ada saluran untuk operator untuk madrasah dan operator guru yang keduanya mempunyai sajian yang berbeda tapi saling berkaitan.
Operator madrasah mempunyai sajian untuk :
- Melengkapi Data Madrasah
- Konfigurasi Data Mata Pelajaran
- Input Muatan Lokal
- Input Ekstrakulikuler Madrasah
- Input Data Guru
- Input Data Siswa
- Input Data Rombel
Sedangkan operator guru mempunyai sajian hanya untuk :
- Pengaturan Konfigurasi Bobot dan KKM
- Input Nilai Harian
- Input Nilai Akhir
- Data Siswa Berdasarkan Wali Kelas
- Cetak Rapor
Download Panduan Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Online Kemenag
Selengkapnya dapat anda download pada link berikut ini:
Download
Demikian sekilas dari saya tentang Panduan Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Online, supaya bermanfaat dan selamat bekerja...