Tidak Perlu Obat! Ini 4 Tips Cara Sempurna Mengobati Batuk Pilek Pada Anak

google
anakaktif.com-Liburan sekolah menjadi hal paling ditunggu-tunggu oleh si kecil. Namun, liburan di animo hujan ini, menciptakan tubuh si kecil beresiko terserang penyakit batuk dan pilek. Seperti Bunda ketahui, batuk dan pilek sanggup menular melalui udara sehingga siapapun sanggup tertular penyakit ini kalau berada pada satu ruangan.

Batuk pilek yang disebabkan oleh benjol virus umumnya sanggup sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Meski begitu, penyakit ini terkadang sanggup mengganggu acara si kecil sehari-hari.

Lalu, bagaimana caranya biar batuk pilek cepat sembuh dan si kecil sanggup beraktivitas menyerupai biasa? Yuk simak beberapa hal yang sanggup Bunda lakukan untuk meredakan batuk dan pilek si kecil, di antaranya:

1. Banyak Minum Air

pixabay
 Batuk pilek menjadikan postnasal drip, yaitu di mana kondisi yang terjadi ketika ingus (lendir) yang berlebihan menumpuk pada potongan belakang tenggorokan. Banyak minum air akan membantu menjaga selaput lendir tetap lembab. Beberapa bukti klinis telah menyampaikan bahwa minum teh hangat dengan madu juga sanggup menenangkan tenggorokan.

2. Berendam atau Mandi Air Hangat
pixabay


Batuk pilek makin menjadi-jadi ketika udara kering. Oleh lantaran itu, si Kecil sanggup mandi atau berendam dengan air hangat . Selain berendam dengan air hangat, penggunaan humidifer alias mesin pelembab udara juga sanggup membantu meringankan tanda-tanda batuk dan pilek.

3. Makan Makanan Bergizi
pixabay

Si kecil butuh asupan gizi yang cukup apabila mengalami batuk pilek, hindari makan masakan yang mengandung banyak minyak atau gorengan. Dengan makan masakan bergizi, batuk pilek si kecil akan cepat sehat dan pulih.

4. Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan
pixabay
Istirahat yang cukup di rumah ialah salah satu cara terbaik untuk sembuh dari batuk pilek. Kurangi acara di luar ruangan untuk menghidari atau mencegah orang lain tertular, gunakan masker apabila akan keluar ruangan.

Tanpa perlu minum obat, bunda sanggup mempraktekan tips ini apabila si kecil mengalami batuk dan pilek. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

1.  Si Kecil Demam Tinggi? Ini yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua

2. Cara Cepat dan Tepat Menangani Mimisan pada Anak

3. 4 Tips Cara Ampuh Menangani Anak Tantrum Manipulatif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel