Peran Penting Ayah Dalam Keluarga

Ayah mempunyai tugas yang penting dalam keluarga Peran Penting Ayah Dalam Keluarga
Ayah mempunyai tugas yang penting dalam keluarga.  Ia merupakan kepala rumah tangga yang memiliki banyak tanggung jawab dan kewajiban yang harus dilakukan. Kelak tanggung jawab ini akan ditanyakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, apakah ia bisa berlaku menjadi ayah yang baik atau sebaliknya menjadi ayah yang tidak baik bagi keluarganya.

Oleh alasannya ialah itu setiap ayah harus mengetahui dengan baik tugas yang harus dilakukannya terhadap keluarganya.  Beberapa tugas yang harus diketahui para ayah antara lain
  • Ayah sebagai pemimpin keluarga
  • Memberikan nafkah buat keluarga
  • Berlaku adil terhadap keluarganya
  • Mencarikan pendamping yang baik untuk anaknya
  • Mendidik anak dan keluarganya
  • Melindungi keluarga
  • Ayah menjadi contoh keluarga

Dan masih banyak lagi peran-peran ayah lainnya.  Dipundak ayahlah segala beban diberikan kepadanya sebagai wujud pemimpin keluarga.  Maka dari itu tugas ayah di dalam keluarga sangat penting.  Hal ini dikarenakan beberapa alasan yaitu

  1. Tantangan zaman yang semakin berat terutama untuk anak-anak
  2. Peran besar ayah dalam mendidik anak
  3. Peran ayah sebagai kepala rumah tangga


Perlu kita ketahui bersama bahwa seorang ayah yang bisa berkomuikasi baik dengan putra-putrinya maka kelak nantinya anak akan tumbuh cukup umur dengan maksimal.  Ayah yang sering berdialog dengan anak-anaknya akan bisa membuat anak yang bisa bergaul dan akan memiliki prestasi sekolah yang menonjol diantara teman-teman sebayanya.

Pentingnya tugas ayah untuk anak perempuan

Jika seorang ayah tak bisa menawarkan kasih sayang dan perhatian kepada putrinya maka akibatnya bisa sangat fatal.  Anak wanita yang kekurangan kasih sayang seorang ayah maka ia akan lebih gampang jatuh cinta dan gampang untuk menyerahkan dirinya. Tentunya hal ini akan memberikan peluang anak untuk lebih gampang hamil di luar pernikahan.  Anak wanita yang kekurangan kasih sayang seorang ayah akan lebih cenderung menyukai lelaki yang lebih renta dan lebih gampang untuk bercerai dan menentukan menjadi single parent.

Pentingnya tugas ayah untuk anak laki-laki

Apabila anak pria kekurangan kasih sayang dari ayahnya maka anak pria akan mudah terlibat dalam pornografi.  Selain itu anak juga akan lebih suka bergabung dengan genk, bertindak kriminal dan bersikap sexually active serta lebih gampang terkena tekanan dari teman-teman yang seusianya.  Efek selanjutnya ialah nanti saat sudah cukup umur akan mengalami kesulitan untuk mendapat pekerjaan.

Bagaimana kalau ayah anak tiada

Ini akan menjadi tantangan tersendiri buat ibu dan ibu harus menawarkan pendidikan dan pengasuhan yang manis dan intens.  Seorang ibu harus berupaya sekuat tenaga untuk melindungi anaknya dari dampak negatif alasannya ialah ketiadaan ayahnya.

Apabila orangtua bercerai maka usahakan biar anak masih bisa berkomunikasi dengan ayahnya.  Hal ini akan membantu anak biar lebih bisa senang secara psikis meskipun ayahnya sudah tidak bersama lagi dengan ibunya.  Perlu diingat bahwa orangtua yang sudah bercerai bukan berarti ia sudah putus hubungan dengan ayahnya akan tetapi ia masih tetap berstatus anak dari ayahnya dan ini garis keturunan yang tidak bisa diputus.

Itulah beberapa tugas dan keutamaan seorang ayah di dalam keluarga.  Namun perlu diketahui juga bahwa tak hanya ayah saja yang diharapkan akan tetapi tugas ibu juga memegang peranan penting di dalam keluarga.  Kerjasama yang baik diantara keduanya akan membantu anak tumbuh kembang secara optimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel