Sekilas Kurikulum 2013 Pendidikan Indonesia

Perkembangan jaman atau orde yang senantiasa berubah mengakibatkan perubahan merupakan keniscayaan.  Karena tanpa ada perubahan maka kurikulum usang tak mungkin bisa menyesuaikan jaman.  Efeknya hasil dari kurikulum tidak bisa maksimal sehingga tujuan utama dari pendidikan tidak bisa dicapai dengan baik.

Memang perubahan ataupun pergeseran kurikulum memerlukan sarana dan prasarana yang mumpuni.  Tanpa sokongan sarana dan prasarana yang baik maka akan sangat tidak mungkin kurikulum 2013 yang gres bisa berjalan dengan baik.  Perubahan kurikulum hendaknya sanggup dimengerti baik itu para guru maupun para akseptor didik.  Kemakluman terutama kepada guru dan para pegawanegeri terkait yang mana pembiasaan kurikulum akan sangat terasa.  Tapi seiring waktu dan penilaian selama penerapan kurikulum, pasti akan terbiasa dan pasti bisa untuk menjalankannya.

Seperti apa paradigma pergeseran berguru kurikulum 2013 yang dilansir dari situs resmi Pemerintah yaitu kemdikbud.go.id berikut ringkasannya

Tema pengembangan kurikulum 2013 ialah sanggup menghasilkan manusia Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan perilaku (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan kurun 21, sekarang memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada kurikulum 2013. Skema 1 menawarkan pergeseran paradigma berguru kurun 21yang menurut ciri kurun 21 dan model pembelajaran yang harus dilakukan.



Perkembangan jaman atau orde yang senantiasa berubah mengakibatkan perubahan merupakan kenisc Sekilas Kurikulum 2013 Pendidikan Indonesia
gbr.1  kemdikbud.go.id


Perkembangan jaman atau orde yang senantiasa berubah mengakibatkan perubahan merupakan kenisc Sekilas Kurikulum 2013 Pendidikan Indonesia
gbr. 2  kemdikbud.go.id
Perkembangan jaman atau orde yang senantiasa berubah mengakibatkan perubahan merupakan kenisc Sekilas Kurikulum 2013 Pendidikan Indonesia
gbr 3 kemdibud.go.id
Sedang gambar 1 ialah posisi kurikulum 2013 yang terintegrasi sebagaimana tema pada pengembangan kurikulum 2013. Sudah barang tentu untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan kurikulum yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas akseptor didik. Di samping itu, dibiasakan bagi akseptor didik untuk bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning. Pertanyaannya, pada pengembangan kurikulum 2013 ini, apa saja elemen kurikulum yang berubah? Empat standar dalam kurikulum mencakup standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian akan berubah sebagaimana ditunjukkan dalam bagan elemen perubahan.

Perubahan yang Diharapkan

Pengembangan kurikulum 2013, selain untuk memberi tanggapan terhadap beberapa permasalahan yang menempel pada kurikulum 2006, bertujuan juga untuk mendorong akseptor didik atau siswa, bisa lebih baik dalam melaksanakan observasi, bertanya, bernalar, dan meng­omunikasikan (mempresentasikan), apa yang diperoleh atau diketahui sesudah siswa mendapatkan materi pembelajaran.


Perkembangan jaman atau orde yang senantiasa berubah mengakibatkan perubahan merupakan kenisc Sekilas Kurikulum 2013 Pendidikan Indonesia
gbr 4 kemdikbud.go.id
Melalui pendekatan itu di­harapkan siswa kita mempunyai kom­petensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih ba­ik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Sedikitnya ada lima entitas, masing-masing akseptor didik, pendidik dan tenaga kepe­ndidikan, administrasi satuan pendidikan, Negara dan bangsa, serta masyarakat umum, yang dibutuhkan mengalami perubahan. Skema 2 menggam­barkan perubahan yang dibutuhkan pada masing-masing enitas.

Sudah menjadi kiprah dan kewajiban Pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia kalau hasil dari sebuah kurikulum tidak bisa maksimal.  Dan perubahan kurikulum merupakan sebuah keharusan untuk menyesuaikan situasi dan kondisi biar proses acara berguru mengajar bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan yang terbaik pula.

Sukses atau tidaknya sebuah kurikulum merupakan materi penilaian untuk perbaikan ke depan. Jika kurikulum belum berhasil dengan baik maka langkah perbaikan harus dilakukan, namun kalau hasil sebuah kurikulum sangat baik maka layak untuk dipertahankan bahkan ditingkatkan.  Kita semua berharap semoga kurikulum 2013 yang gres bisa untuk mencetak generasi bangsa Indonesia yang cerdas dan berilmu sebagai sarana untuk meraih bangsa yang paling terdepan dalam segala hal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel