Waspada Anemia Pada Balita

 ternyata tidak hanya menyerang orang cukup umur saja Waspada Anemia Pada Balita

Penyakit anemia ternyata tidak hanya menyerang orang cukup umur saja, namun anemia sanggup saja menyerang anak-anak ataupun bayi.  Jika hal ini terjadi pada anak kita tentu akan menciptakan kita tidak tenang.  Oleh lantaran itu kalau belum dewasa sudah terdapat gejala anemia maka harus segera dibawa ke pelayanan medis semoga diberikan tindakan yang tepat dan cepat.

Anemia yaitu kondisi dimana badan mengalami kekurangan sel darah merah atau yang biasa disebut dengan Hemoglobin (HB).  Sel darah merah sangat penting untuk badan lantaran sel darah merah mempunyai fungsi mengangkut dan menghantarkan oksigen ke seluruh penggalan tubuh.  Jika sel darah merah sangat sedikit atau rendah maka otomatis oksigen yang harus dihantar ke seluruh badan juga akan berkurang.  Jika suplai oksigen dalam badan sedikit maka akan menjadikan badan menjadi lemah, letih, kurang bersemangat, lesu, lalai bahkan lupa.

Anemia yang menimpa pada belum dewasa ataupun bayi sanggup disebabkan lantaran ketika masa kehamilan sang bunda mengalami anemia.  Oleh lantaran itu selama menjalani masa kehamilan sang bunda harus memperhatikan dengan baik kondisi kesehatannya semoga bayi yang dikandung tetap sehat sampai anak lahir dan dewasa.

Beberapa penyebab anemia yang menyerang balita

1. Minimnya mengkonsumsi variasi makanan

Balita dan belum dewasa yang kurang mengkonsumsi pangan bermacam-macam akan rentan terkena anemia.  Pangan bermacam-macam tersebut terutama pangan yang banyak mengandung zat besi. Zat besi akan sanggup kita temui di dalam protein hewani, contohnya yaitu daging.  Agar balita tidak kekurangan zat besi maka dianjurkan untuk mengkonsumsi kuliner yang banyak mengandung protein hewani ini.

2. Penyakit cacingan

Penyakit cacingan yang menimpa pada belum dewasa sanggup menjadi penyebab penyakit anemia. Penyakit cacingan disebabkan kuman-kuman cacing masuk ke dalam tubuh.  Cacing tambang yang masuk ke dalam badan akan menghisap darah inangnya dan kalau hal ini dibiarkan saja maka akan menciptakan kadar hemoglobin badan menjadi turun/rendah.

Cacingan ini lebih banyak disebabkan lantaran faktor lingkungan dan sanitasi yang kurang higienis dan terawat.

3. Tingginya angka Penyakit malaria

Para penderita malaria biasanya akan mengalami kekurangan sel darah merah.  Karena kekurangan hemoglobin maka akan sangat rentan sekali terkena anemia.  Bagi balita yang menderita benjol malaria maka sel darah merahnya akan banyak mengalami pecah sehingga balita akan sanggup kekurangan zat besi.

Penyakit anemia yang terjadi pada belum dewasa balita akan menciptakan aktifitasnya menjadi menurun.  Dengan acara aktifitas yang sedikit akan menciptakan pertumbuhan dan perkembangan balita menjadi sedikit terhambat.  Efek lain yang muncul kalau belum dewasa terdeteksi anemia yaitu anak akan lebih gampang terjangkit penyakit.

Agar penyakit anemia tidak menimpa belum dewasa maka kita sebagai orang bau tanah harus lebih perhatian lagi terhadap kuliner yang dikonsumsi dan menjaga kebersihan lingkungan. Pola makan 4 sehat 5 tepat harus diterapkan terutama kuliner yang banyak mengandung protein hewani untuk membantu memenuhi kecukupan gizi anak.

Bagi bayi yang sudah lepas dari ASI maka dianjurkan untuk memperlihatkan Makanan Pendamping Asi atau MPASI.  Variasi kuliner terutama yang banyak mengandung proetin hewani mutlak diperhatikan.  Protein hewani akan lebih gampang diserap oleh badan bila dibandingkan dengan protein yang berasal nabati.  Konsumsi lebih banyak protein hewani untuk membantu balita kekurangan sel darah merah dan menghindari anemia pada belum dewasa balita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel