Bunda Sempatkan Membaca Ini Yuk! Biar Tahu 5 Ciri-Ciri Bayi Sehat

Pixabay

Harapan semua orang bau tanah ialah memiliki bayi sehat dikala dalam kandungan sampai bayi terlahir ke dunia. Jika bayi sehat bagaimana tanda-tandanya? Bayi yang gemuk memang tampak mengemaskan, dan sering menjadi patokan bayi sehat, padahal belum tentu benar loh Bunda.

Kondisi bayi sehat bisa diukur dari banyak sekali macal hal. Mulai dari kenaikan berat tubuh bayi, perilaku, panampilan sampai kemampuan sosial dalam berinteraksi dengan orang lain.

Untuk lebih mengetahui apakah bayi Bunda termasuk sehat, yuk simak ulasan ciri-ciri bayi sehat berikut ini.

1. Berat Badan Bayi Mengalami Kenaikan

Kenaikan berat tubuh ialah salah satu menunjukan bayi tumbuh sehat. Secara berangsur, berat tubuh bayi akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Bunda harus rutin memeriksakan ke puskesmas atau dokter, biar mengetahui pertumbuhan dan perkembangannya dengan baik.
Sejak dilahirkan sampai berusia enam bulan, kenaikan berat tubuh bayi diperlukan berkisar 150-200 gram perminggu dan 85-140 gram/minggu untuk bayi usia enam – dua belas bulan.

Baca juga: Tips Cara Cepat Mengatasi Anak Hiperaktif Menjadi Lebih Konsentrasi
2. Bayi Merasa Tenang Berada di Dekat Orang Tua

Biasanya bayi yang gres lahir akan sering menangis. Hal ini dikarenakan menangis ialah cara berkomunikasi paling gampang bagi bayi. Berikan sentuhan lembut dan ajak bayi untuk berbicara. Suara Bunda sebetulnya sudah dikenali semenjak bayi masih dalam kandungan, sehingga menciptakan bayi merasa damai alasannya mengetahui Bunda ada disampingnya.

3. Ganti Popok 8 – 10 Kali Sehari

Jika dalam sehari bayi harus berganti popok sebanyak 8 -10 kali, itu merupakan tanda bahwa dia ialah bayi sehat alasannya mengkonsumsi cukup cairan. Bunda perlu waspada apabila dia tidak pipis atau buang air besar sebanyak itu, alasannya bisa jadi si kecil kekurangan cairan dan jikalau terus menyerupai itu bisa mengakibatkan dehidrasi.

Baca juga: Mom Wajib Tahu!! Kenali Tanda anak Balita Berbakat dan Cerdas
4. Banyak Tidur

Bunda jangan khawatir jikalau si buah hati sering tidur, hal ini dikarenakan usia 1 sampai 4 bulan bayi menghabiskan 20 jam dalam sehari untuk beristirahat. Apabila setiap 4 jam dia memakai 20 menit untuk tidur, itu artinya bayi merupakan anak yang sehat dan kondisinya termasuk normal.

5. Bayi Dapat Menahan Berat Badannya Sendiri

Pada usia 1 bulan, umumnya bayi sehat sudah bisa menahan kepalanya sendiri meski hanya sebentar. Di usia 3 bulan, kamampuan mengangkat kepala akan semakin berkembang. Tahap ini merupakan awal perkembangan bayi sebelum bisa tengkurap, berguling, duduk dan juga berdiri.

Seiring dengan pertumbuhan, bayi sehat akan tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Apabila perkembangannya tidak sesuai dengan usia, Bunda harus segera konsultasikan dengan dokter. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Bunda Wajib Tahu! Ini 6 Makanan Terbaik Untuk MPASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel