Bunda! Yuk Simak 5 Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan Sayur Dan Buah


google

Bunda niscaya pernah kebingungan untuk mengatasi anak susah makan sayur, karena umumnya bawah umur kurang menyukai sayuran serta buah-buahan. Seringkali mereka menyisihkan sayuran dalam piring maupun kotak bekalnya. Hal ini tentu mengkhawatirkan. Padahal fase anak merupakan fase pertumbuhan yang memerlukan banyak asupan nutrisi, antara lain serat dan vitamin.

Kedua nutrisi tersebut sanggup ditemukan diberbagai jenis materi pangan, namun paling banyak terkandung dalam sayur-sayuran serta buah-buahan. Bila kekurangan asupan sayuran, hal ini sanggup berakibat jelek pada pertumbuhan serta kesehatan putra-putri anda. Lalu bagaimana cara sempurna untuk mengatasi persoalan ini? Mari simak tips selengkapnya.

Tips Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah Paling Ampuh

Mengatasi anak susah makan sayur dan buah sangat penting dilakukan biar pertumbuhan anak sanggup maksimal. Walaupun terlihat sulit, sesungguhnya tips untuk mengatasinya sangatlah gampang asalkan bunda sanggup kreatif. Berikut ini yakni tipsnya:


Kreasikan Menu Anak Berbahan Sayuran

Anak mempunyai jiwa yang gampang bosan pada semua hal termasuk sajian masakan yang monoton. Agar selera makan anak terhadap sayuran meningkat bunda sanggup mencoba beberapa resep kreasi sayuran untuk anak yang baru. Hal ini sanggup merangsang rasa ingin tau pada anak sehingga anak ingin makan. Selain itu anak akan menjadi lebih lahap alasannya yakni selera makannya meningkat.

Kombinasikan Sayur dan Buah dengan Olahan Hewani

Agar terlihat menarik, menyajikan sajian sayuran dan buah pada anak sebaiknya jangan dalam bentuk utuh saja. Agar selera makan anak meningkat, bunda sanggup mengkreasikannya dengan mencampurnya bersama olahan hewani. Contohnya parutan sayur dicampur ke dalam olahan nugget, rolade daging dan sup. Untuk olahan buah bunda sanggup menyajikan es buah dengan susu kental manis, yogurt dan keju.

Hias dengan Karakter Lucu

Si kecil mempunyai huruf kartun favorit bukan? Nah, untuk meningkatkan selera makan sayur pada anak, bunda sanggup mencoba mengaplikasikan kartun favorit tersebut ke dalam aneka olahan sayur untuk anak. Apabila bunda tidak hebat menghias, bunda tidak perlu memaksakan diri, menghiaslah dengan mengaplikasikan tema yang senada dengan tema kartun favorit anak anda. Gunakan pewarna alami yang mencolok biar semakin cantik.


Buat Bekal Bento ala Jepang

Bekal bento ala jepang yakni pilihan paling sempurna untuk anak yang sulit makan sayur dan buah. Tampilannya yang anggun akan menggugah selera makan anak anda. Namun bunda dituntut kreatif untuk berkreasi membuatnya, alasannya yakni bekal ini dibuat anggun dengan karakter, tema, warna atau motif tertentu yang sanggup meningkatkan perhatian anak anda. Tak hanya sanggup dipakai dalam bekal, bunda juga sanggup mengaplikasikannya pada masakan sehari-hari anak anda.

Libatkan Anak Dalam Memasak

Seringkali bunda tidak mengijinkan anak ikut dalam proses memasak dan menyiapkan makanan. Padahal ini penting sekali bunda. Selain sanggup melatih motorik anak, melibatkan anak dalam memasak juga sanggup meningkatkan selera makannya. Biarkan anak menentukan gorengan atau masakan berkuah yang disukai anak yang ingin beliau makan. Agar lebih menarik lagi, bunda sanggup memberi kiprah anak untuk menyiapkan dan menghias makanannya sendiri.

Nah gampang bukan tips mengatasi anak susah makan sayur dan buah dari kami? Yuk bunda segera lakukan tips-tips ini supaya anak menjadi lahap untuk makan sayur. Apabila sudah berhasil, jangan lupa terus pertahankan kebiasaan makan sayur ini ya. Agar bawah umur sanggup tumbuh dengan badan dan gaya hidup yang sehat.

Baca Juga: Bunda! Ini 3 Alasan Kenapa Anak Aktif Menandakan Anak Cerdas  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel