Pemetaan Kd Kurikulum 2013 Revisi 2018 Sd Mi Kelas 1 2 3 4 5 6
Monday, October 1, 2018
Edit
Download KD atau Kompetensi dasar kurikulum 2013 revisi 2018 semua kelas 1 2 3 4 5 dan 6 terbaru ini kami bagikan dalam bentuk format ms excel untuk mempermudah para teman guru dalam proses evaluasi untuk setiap pembelajaran.
Pemetaan KD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap Semua Kelas untuk semester 1 dan 2 Jenjang SD / MI semua kelas 1 2 3 4 5 dan 6 ini terdiri dari file-file yang sanggup di unduh menyerupai berikut ini:
Pemetaan KD Kelas 1 SD/MI
Pemetaan KD Kelas 2 SD/MI
Pemetaan KD Kelas 3 SD/MI
Pemetaan KD Kelas 4 SD/MI
Pemetaan KD Kelas 5 SD/MI
Pemetaan KD Kelas 6 SD/MI
KELAS 4
KD PPKN
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mengidentifikasi aneka macam bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
4.4 Menyajikan aneka macam bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
Pemetaan KD Kurikulum 2013 Revisi 2018 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6
KD Bahasa Indonesia
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara memakai daftar pertanyaan
3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
3.5 Menguraikan pendapat eksklusif perihal isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara verbal dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
3.7 Menggali pengetahuan gres yang terdapat pada teks nonfiksi
3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang gres diketahui dari teks nonfiksi
3.9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
3.10 Membanding-kan tabiat setiap tokoh pada teks fiksi
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks menurut keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan
4.2 Menyajikan hasil pengamatan perihal keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
4.3 Melaporkan hasil wawancara memakai kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
4.4 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual memakai kosakata baku dan kalimat efektif
4.5 Mengomunikasikan pendapat eksklusif perihal isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara verbal dan tulis yang didukung oleh alasan
4.6 Melisankan puisi hasil karya eksklusif dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri
4.7 Menyampaikan pengetahuan gres dari teks nonfiksi ke dalam goresan pena dengan bahasa sendiri
4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan usang dengan pengetahuan gres secara tertulis dengan bahasa sendiri
4.9 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.10 Menyajikan hasil membanding-kan tabiat setiap tokoh pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
KD Matematika
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
3.2 Menjelaskan aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
3.5 Menjelaskan bilangan prima
3.6 Menjelaskan dan memilih faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.7 Menjelaskan dan melaksanakan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
3.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
3.9 Menjelaskan dan memilih keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
3.11 Menjelaskan data diri akseptor didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
3.12 Menjelaskan dan memilih ukuran sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan memakai busur derajat
4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
4.2 Mengidentifikasi aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
4.3 Menyelesaikan problem penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
4.4 Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan
4.5 Mengidentifikasi bilangan prima
4.6 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.7 Menyelesaikan problem pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.8 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.9 Menyelesaikan problem berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
4.11 Mengumpulkan data diri akseptor didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang
4.12 Mengukur sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan memakai busur derajat
KD Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi kepingan tubuh pada binatang dan tumbuhan
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada bencana di lingkungan sekitar
3.5 Mengidentifikasi aneka macam sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, materi bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
3.6 Menerapkan sifat-sifat suara dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan perihal bentuk dan fungsi kepingan tubuh binatang dan tumbuhan
4.2 Membuat bagan siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, contohnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
4.4 Menyajikan hasil percobaan perihal hubungan antara gaya dan gerak
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi perihal aneka macam perubahan bentuk energi
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat bunyi
4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat cahaya
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
Contoh Pemetaan KD Kurikulum 2013 Revisi 2018 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6
KD Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi insan dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
3.3 Menganalisis tugas ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
4.2 Menyajikan hasil analisis perihal interaksi insan dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.3 Menyajikan hasil analisis perihal tugas ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
4.4 Menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
KD Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
3.2 Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
3.3 Memahami variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
3.4 Menerapkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri
3.5 Memahami aneka macam bentuk acara kebugaran jasmani melalui aneka macam latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat tubuh ideal
3.6 Menerapkan variasi dan kombinasi aneka macam pola gerak lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam acara senam lantai
3.7 Menerapkan variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam acara gerak berirama
3.8 Memahami gerak dasar satu gaya renang
3.9 Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana ketika melaksanakan acara fisik dan dalam kehidupan sehari-hari
3.10 Menganalisis sikap terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda)
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
4.3 Mempraktikkan variasi pola dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
4.4 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri
4.5 Mempraktikkan aneka macam acara kebugaran jasmani melalui aneka macam bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat tubuh ideal
4.6 Mempraktikkan variasi dan kombinasi aneka macam pola gerak lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam acara senam lantai
4.7 Mempraktikkan variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam acara gerak berirama
4.8 Mempraktikkan gerak dasar satu gaya renang
4.9 Mendemonstrasikan cara penanggulangan jenis cidera secara sederhana ketika melaksanakan acara fisik dan dalam kehidupan sehari-hari.
4.10 Mendemonstrasikan sikap terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda
KD Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
3.1 mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi
3.2 mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
3.3 mengetahui gerak tari kreasi daerah
3.4 mengetahui karya seni rupa teknik tempel
4.1 menggambar dan membentuk tiga dimensi
4.2 menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
4.3 meragakan gerak tari kreasi daerah
4.4 menciptakan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
Download Pemetaan KD Kurikulum 2013 Revisi 2018 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6
Selengkapnya sanggup anda download pada link berikut ini:
Pemetaan KD Kelas 1
Pemetaan KD Kelas 2
Pemetaan KD Kelas 3
Pemetaan KD Kelas 4
Pemetaan KD Kelas 5
Pemetaan KD Kelas 6
Demikian dari saya, biar dokumen pola Pemetaan KD Kurikulum 2013 Revisi 2018 SD MI semua kelas ini sanggup menawarkan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.
Referensi: https://gurusd.web.id