Peningkatan Kompetensi Manajerial Dan Tugas Kepala Madrasah
Monday, October 1, 2018
Edit
Peningkatan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dan Peran Kepala Madrasah dalam Penjaminan Mutu Madrasah. Kompetensi Kepala Madrasah ibarat tertuang dalam Permendiknas No. 13 Tahun 2007 yaitu kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi sosial, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi kepribadian.
Kemampuan mendayagunakan sumberdaya pendidikan secara efektif, efisien, dan akuntabel untuk terjadinya proses pendidikan dan pembelajaran yang bermutu dalam rangka pencapaian standar kompetensi nasional.
Sumber daya yang dimiliki madrasah yaitu peserta didik/siswa, PTK/guru, sarana prasarana, sumber belajar, anggaran, dan waktu.
baca juga:
Contoh manajemen sekolah/madrasah
Berikut Kompetensi manajerial kepala madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan
- Planning: menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk banyak sekali tingkatan perencanaan
- Organizing: membuatkan organisasi sekolah/madrasah sesuai kebutuhan
- Leading: memimpin sekolah/madrasah (dalam rangka pendayaagunaan sumber daya sekolah/ madrasah secara optimal
- Change management: mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/menuju organisasi pembelajaran yang efektif (learning organization)
- School culture: membuat budaya dan iklim sekolah/madrasah yang aman dan inovatif bagi pembelajaran anak didik
- Human resource management: mengelola guru dan staff dalam rangka pendayagunaan sumberdaya insan secara optimal
- Asset management: mengelola sarana dan prasarana sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
- Social relation: mengelola relasi sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan, ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah
- Student development: mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik gres (fair recruitment system) dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik
- Curriculum development: mengelola pengembangan kurikulum dan acara pembelajaran sesuai arah dan tujuan pendidikan nasional
- Financial management: mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
- School administration: mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah
- Organizational development: mengelola unit layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung acara pembelajaran dan acara peserta didik di sekolah/madrasah
- Management information system: mengelola sistem isu sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan agenda dan pengambilan keputusan
- Educational technology: memanfaatkan kemajuan teknologi isu bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
- Monitoring and evaluation system: melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan agenda acara sekolah/madrasah dengan mekanisme yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
- Quality assurance system: membuatkan sistem penjaminan mutu internal madrasah dalam upaya meningkatkan mutu madrasah berkelanjutan
Sistem penjaminan mutu madrasah di Indonesia terdiri atas:
- Sistem penjaminan mutu internal (SPMI)
- Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) melalui akreditasi.
baca juga:
Standar pelayanan minimal SD MI
Tutorial instrumen standar pelayanan minimal
SPMI yaitu kebijakan, sistem, dan mekanisme yang dibangun oleh madrasah untuk memantau dan memperbaiki penyelenggaraan layanan pendidikan, sesuai visi dan misi madrasah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.
SPME melalui pengukuhan yaitu kebijakan, sistem dan mekanisme yang dibangun oleh BAN-S/M untuk menilai dan memilih kelayakan madrasah menurut kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan.