Bunda Wajib Tahu! Ini 6 Makanan Terbaik Untuk Mpasi


google


anakaktif.com - MPASI merupakan masakan pelengkap bagi bayi guna melengkapi nutrisi pertumbuhannya. Maka dari itu diperlukan makanan terbaik untuk MPASI semoga gizi bayi tercukupi. Pada dasarnya, masakan pokok seorang bayi yaitu susu. Namun ketika usianya mulai 6 bulan, susu tak sanggup lagi memenuhi semua kebutuhan gizi bayi. Nah maka dari itu bayi perlu diberikan MPASI.

Umumnya bayi diberikan MPASI pada ketika usianya 6 bulan, namun hal ini sanggup lebih cepat atau lambat tergantung dari kondisi individu bayi. Selain kebutuhan gizi yang meningkat, pada ketika anak memasuki usia 6 bulan, bayi juga mempunyai koordinasi badan yang baik dan mulai timbul ketertarikan pada makanan. Nah apakah Bunda ingin tahu apa saja masakan yang terbaik untuk mpasi? Mari simak lebih lanjut.

Makanan Terbaik Untuk MPASI

Sebagai masakan pendamping, MPASI harus mempunyai gizi yang baik dan seimbang. Bunda, memilih-milih makanan terbaik untuk MPASI tidaklah sulit. Yuk mari simak apa saja masakan yang baik untuk materi MPASI yang dibawah ini.


1. Buah-buahan

Makanan yang pertama adalah, buah-buahan. Buah mempunyai rasa yang anggun dan mengandung banyak vitamin. Cocok untuk masakan pendamping buah hati anda. Bunda sanggup menciptakan bubur bayi saring memakai jenis-jenis buah yang lembut, anggun dan kandungannya air tinggi, misalnya pear, apel, pisang dan pepaya.

2. Sayur-sayuran

Selain buah-buahan, sayuran juga penting, Bunda. Kandungan seratnya yang tinggi sanggup mencegah sembelit pada bayi anda. Sayuran sanggup terlebih dahulu dikukus maupun direbus sebelum dibentuk bubur saring. Jenis sayuran yang dipakai bebas, menyesuaikan kebutuhan gizi bayi anda, misalnya brokoli dan bayam yang tinggi akan kalsium dan serat.

3. Telur

Telur yaitu materi masakan yang murah, gampang ditemukan namun kaya anak gizi penting untuk anak. Hampir semua nutrisi yang diperlukan anak terdapat dalam telur, menyerupai protein, kalsium, asam lemak dsb. Telur juga cocok menjadi  makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak alasannya kaya akan kandungan asam lemak yaitu omega 3 dan 6 yang baik untuk perkembangan sel-sel otak.

4. Daging

Daging sanggup menjadi variasi sumber protein hewani untuk bayi anda, selain dari telur, alasannya daging mengandung zat gizi yang tidak terkandung dalam sayur maupun buah. Daging yaitu materi wajib dalam resep bubur bayi 6 bulan yang bikin gemuk karena selain kandungan nutrisinya lengkap daging juga kaya akan lemak. Anda sanggup memakai kaldunya maupun daging itu sendiri.

5. Ikan Laut

Sebagai variasi masakan sumber protein hewani untuk anak, bunda sanggup memakai bermacam-macam jenis ikan laut. Kami merekomendasikan bunda untuk memakai ikan salmon, alasannya kandungan asam amino dan lemaknya baik untuk perkembangan otak buah hati anda. Tapi sebelum mulai memasak, pastikan bunda memakai ikan yang masih segar, semoga bayi anda terhindar dari resiko alregi.

6. Sumber Karbohidrat

Agar nutrisinya semakin lengkap, bunda sebaiknya menambahkan sumber karbohidrat pada bubur MPASI bayi anda. Banyak sekali sumber karbohidrat yang sanggup dipakai baik dari biji-bijian maupun umbi-umbian. Biji-bijian contohnya, beras, kacang hijau dan kacang merah. Sedangkan dari ubi bunda sanggup memakai tepung gasol, ubi ungu dan ubi jalar. Bunda sanggup memvariasikan materi masakan tersebut sesuai dengan jadwal makan bayi 6 bulan.

Nah demikianlah artikel 6 Makanan Terbaik Untuk MPASI dari kami. Agar lebih menarik, bunda sanggup mengkombinasikan semua materi diatas dan divariasikan semoga bayi tidak gampang bosan. Pastikan juga bunda memakai materi masakan organik dan bebas pestisida untuk kesehatan bayi anda. 

Silahkan boleh di share. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel