Tips Jitu Biar Anak Cepat Menjadi Penghafal Al Quran

Pixabay

anakaktif.com-Siapa yang tidak ingin memiliki anak sebagai penghafal Al Quran. Tentu kita sebagai orang bau tanah sangat menginginkannya. Karena Al Alquran sebagai petunjuk dari Allah SWT untuk seluruh umatNya. Maka sudah seharusnya kita menghafal dan mengamalkannya.

Di Indonesia, khususnya di televisi nasional setiap tahun niscaya mengadakan lomba hafidz quran Indonesia yang dikhususkan untuk anak-anak.

Beberapa bulan sebelum lomba dimulai, perlombaan ini sudah membuka pendaftaran. Orang bau tanah yang memiliki anak hafidz dan hafidzah pun berbondong-bondong mendaftarkan buah hatinya.
Baca juga: Bunda Wajib Baca!! Cara Praktis 6 Tips Anak Masuk Sekolah Favorit
Beruntunglah kalau Anda atau keluarga yang memiliki keturunan sebagai penghafal Al Quran. Karena Allah SWT menjanjikan terhadap mereka penghafal Al Alquran sebagai berikut:

1. Di alam abadi Allah akan menawarkan kepada hafidz dan hafidzah mahkota kehormatan,

2. Akan dikumpulkan bersama Malaikat yang mulia lagi taat,

3. Para penghafal Al Alquran akan mendapat derma (syafaat),

4. Ke dua orangtuanya akan dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia,

5. Menghfal Al Alquran berfaedah bagi setiap penghafal dalam urusan perniagaan mereka.

Masih banyak kesepakatan Allah untuk penghafal Al Quran.

Lantas bagaimana semoga anak kita bisa cepat menjadi penghafal Al Quran? Banyak metode menghafal Al Alquran dengan cepat yang diajarkan oleh para guru. Tentunya tidak hanya cepat menghafal tapi juga kejelasan bacaannya pun harus diperhatikan.

Berikut ini teknis cara menghafal Al Alquran dengan cepat dan tidak gampang lupa untuk anak-anak
Baca juga: Tips Cara Cepat Mengatasi Anak Hiperaktif Menjadi Lebih Konsentrasi
1. Bayi usia 0 – 2 tahun

Bacakan Al Alquran dari surat Al Fatihah tiap hari 4 kali (pagi, siang sore dan malam). Tiap satu waktu surat diulang 3 kali, sesudah hari ke 5 ganti surat An Nas dengan metode yang sama. Lakukan hal ini untuk 1 waktu surat yang lainnya diulang 1 kali.

2. Anak di Atas Usia 2 Tahun

Metode yang sama dengan teknik mengajarkan pada bayi, kalau kemampuan melafalkannya kurang baik, maka tambahkan waktu menghafalnya, contohnya dari 5 hari menjadi 7 hari.

3. Anak di Atas usia 4 Tahun

Mulai atur konsentrasi dan waktu untuk menghafal serius, ajarkan muroja’ah dan menghafal sendiri. Berikan motivasi semoga semangatnya selalu terjaga, untuk waktu menghafalkannya 3 – 4 kali dalam sehari
.
Tentunya mengajarkan anak untuk menghafal Al Alquran tidak mudah, alasannya bawah umur masih suka bermain ke sana kemari. Sehingga membutuhkan kesabaran yang lebih.

Disarakan untuk metode menghafal Al Qurannya dengan cara menyenangkan, contohnya berguru menghafal sambil bermain. Tentunya dengan permainan yang mengarah dan mendidik anak untuk cepat hafal Al Quran. Semoga bermanfaat.
Baca juga: Si Kecil Demam Tinggi? Ini yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel