Panduan Evaluasi Pengetahuan Keterampilan Dan Perilaku Kurikulum 2013


Penilaian pendidikan merupakan proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik yang mencakup: penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan simpulan semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah/madrasah.

Penilaian hasil mencar ilmu akseptor didik meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga sanggup dipakai untuk memilih posisi relatif setiap akseptor didik terhadap standar yang telah ditetapkan.

Penilaian Kompetensi Pengetahuan


Penilaian pengetahuan sanggup diartikan sebagai penilain potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi.

baca juga:
Bentuk penilaian pengetahuan

Seorang pendidik perlu melaksanakan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi pengetahuan akseptor didik. Penilaian terhadap pengetahuan akseptor didik sanggup dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Kegiatan penilaian terhadap pengetahuan tersebut sanggup juga dipakai sebagai pemetaan kesulitan mencar ilmu akseptor didik dan perbaikan proses pembelajaran.

Penilaian Kompetensi Keterampilan


Penilaian pencapaian kompetensi keterampilan merupakan penilaian yang dilakukan terhadap akseptor didik untuk menilaisejauh mana pencapaian SKL, KI, dan KD khusus dalam dimensi keterampilan.

SKL dimensi keterampilan untuk satuan pendidikan tingkat SMP/MTs/SMPLB/Paket B yaitu lulusan mempunyai kualifikasi kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah ajaib dan faktual sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis (Permendikbud 54 tahun 2013 wacana SKL).

baca juga:
Inilah klarifikasi teknik penilaian keterampilan

SKL ini merupakan tagihan kompetensi minimal sehabis akseptor didik menempuh pendidikan selama 3 tahun atau lebih dan dinyatakan lulus.

Download Panduan Penilaian Pengetahuan Keterampilan dan Sikap

Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Penilaian Kompetensi Sikap


Penilaian kompetensi perilaku dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur perilaku akseptor didik sebagai hasil dari suatu aktivitas pembelajaran. Penilaian perilaku juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap.

baca juga:
Perencanaan penilaian perilaku siswa SD

Kegunaan utama penilaian perilaku sebagai bab dari pembelajaran yaitu refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan perilaku akseptor didik secara individual.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel