Petunjuk Teknis (Juknis) Evaluasi Hasil Mencar Ilmu Pada Mi Mts


Penilaian merupakan salah satu belahan penting dalam pengelolaan pendidikan untuk mendapat gosip perkembangan penerima didik serta pencapaian standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan. Penilaian oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan berguru penerima didik serta untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Pola evaluasi yang bermutu diperlukan sanggup menjadi pemandu pada proses pembelajaran sesuai tuntutan penilaian. Penilaian dengan soal HOTS akan memandu proses pembelajaran dengan memakai strategi, metode dan teknik pembelajaran yang HOTS juga. Dengan demikian evaluasi bukan hanya untuk mengetahui kuman berguru tapi juga memperbaiki mutu proses pembelajaran.

Penilaian oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan dan/atau salah satu penentu kelulusan penerima didik. Penilaian oleh pemerintah dan/atau forum sanggup bangun diatas kaki sendiri bertujuan untuk pemetaan dan penjaminan mutu pendidikan di suatu satuan pendidikan.

Dengan diterbitkan Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar ini, diperlukan menjadi salah satu panduan bagi pendidik, satuan pendidikan dan seluruh stakeholder madrasah dalam melakukan evaluasi hasil berguru di madrasah. Dan dalam panduan ini juga terdapat beberapa pola format evaluasi sebagai berikut:

  1. Contoh Rekap nilai Pengetahuan dan Keterampilan
  2. Contoh Interpretasi Hasil Analisis
  3. Contoh hasil rekap evaluasi tematik
  4. Contoh penulisan Kompetensi perilaku pada raport
  5. Contoh perilaku KI-1 dan indikatornya
  6. Contoh perilaku KI-2 dan indikatornya
  7. Contoh Penilaian Produk
  8. Contoh Penilaian Proyek
  9. Contoh Tes Praktik Menghafal surah Al Kautsar
  10. Contoh soal bentuk uraian
  11. Contoh Soal Pilihan Ganda
  12. Contoh Penilaian Antar Teman
  13. Contoh Lembar Penilaian Diri memakai daftar cek (checklist) Pada kegiatan kelompok
  14. Contoh Jurnal Penilaian Sikap Sosial
  15. Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual
  16. Contoh format dan pengisian jurnal guru mata pelajaran

Download Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Hasil Belajar Pada MI MTs

Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Juknis Penilaian MI
Juknis Penilaian MTs

Penilaian otentik (authentic assessment) ialah proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik, yang dilakukan secara komprehensif yang mencakup ranah perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan dan keterampilan.

Penilaian otentik mempunyai relevansi berpengaruh terhadap pendekatan ilmiah (scientific approach), sebab evaluasi ini bisa menggambarkan peningkatan berguru penerima didik, baik dalam rangka mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan.

Penilaian otentik merupakan pendekatan dan instrumen evaluasi yang menawarkan kesempatan luas kepada penerima didik untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang sudah dimilikinya dalam bentuk tugas-tugas: membaca dan meringkas, eksperimen, mengamati, survei, project, makalah, menciptakan multi media, menciptakan karangan dan diskusi kelas.

Hasil evaluasi otentik sanggup dipakai oleh pendidik untuk merencanakan kegiatan perbaikan (remedial), pengayaan (enrichment), atau pelayanan konseling. Selain itu, hasil evaluasi otentik sanggup dipakai sebagai materi untuk memperbaiki proses pembelajaran yang memenuhi standar evaluasi pendidikan.

Hasil evaluasi pengetahuan dan keterampilan dianalisis untuk memperoleh gosip perihal pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil analisis dipakai untuk mengidentifikasi penerima didik yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) KD mata/muatan pelajaran. Bagi penerima didik yang belum mencapai KKM KD, pendidik hams menindaklanjuti dengan remedial, sedangkan bagi penerima didik yang telah mencapai KKM KD, pendidik sanggup menawarkan pengayaan.

Sumber: Dirjen Pendis Kemenag

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel