Siap-Siap !!! Uambd Mi Berbasis Komputer


Ujian final madrasah berstandar tempat (UAMBD) madrasah ibtidaiyah mencakup mata pelajaran agama islam: al-Qur'an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab akan dilaksanakan dengan memakai komputer tidak lagi berupa kertas ibarat biasanya. Meski hal ini belum diberlakukan secara nasional, namun kedepan sudah bisa dipastikan bahwa UAMBD MI ini bisa jadi berbasis komputer secara nasional.

Seperti yang saya katakan tadi bahwa UAMBD BK ini berlum berlaku secara nasional, hanya beberapa kota / kabupaten saja yang sudah melakukan hal ini alasannya ialah untuk ketika ini diserahkan sepenuhnya kepada kementerian agama kabupaten / kota masing-masing.

Informasi ini saya peroleh dari ketua KKM (kelompok kerja madrasah) dan pengawas kecamatan tlanakan pamekasan ketika rapat, jadi untuk kabupaten lain bisa berbeda ya.

Pelaksanaan UAMBD BK ini tentu tak lepas dari penyediaan sarana berupa perangkat komputer sebanyak jumlah siswa kelas 6, hal ini menciptakan sebagian forum merasa "galau" alasannya ialah belum bisa menyediakan sarana yang diperlukan mengingat terbatasnya anggaran jikalau mengambil dana BOS. Bisa kita banyangkan 1 set komputer minimal 3 jutaan, jikalau ada 10 siswa = 30 juta dan seterusnya. Ini masih komputer saja, untuk yang lain ibarat server, meja dingklik dan sebagainya. Itu yang pertama.

Yang kedua ialah mata pelajaran TIK untuk MI yang selama ini sudah dihapus. Mungkin kedepan mapel yang satu ini perlu dimasukkan lagi ke kurikulum supaya siswa bisa berguru komputer. Sehingga ketika menghadapi UAMBD BK, siswa dan guru tidak kesulitan untuk klik sana klik sini.

Makara kesimpulannya, kepada pak menteri dan semua pihak terkait. Diupayakan kedepan untuk menunjukkan derma sarana berupa perangkat komputer supaya pihak forum tidak ada kesan terpaksa dalam melakukan UAMBD BK ini.

Sekian terima kasih dan agar bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel