Silabus Tematik Terpadu Sd Mi Kurikulum 2013 Revisi 2018


Model Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018. Pembelajaran dengan pendekatan tematik ini meliputi kompetensi mata pelajaran PPKn, bahasa indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya, dan prakarya, dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Sedangkan mata pelajaran pendidikan agama dan kebijaksanaan pekerti tidak termasuk mapel tematik. Tematik dilaksanakan di semua kelas di SD MI baik kelas rendah (I-III) maupun kelas tinggi (IV-VI).

Di kelas rendah belum ada mata pelajaran IPA IPS yang bangun sendiri namun muatan IPA IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Untuk mata pelajran matematika dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dilakukan secara tematik hanya hingga kelas III, untuk selanjutnya diajarkan sebagai mata pelajaran yang bangun sendiri.

Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan banyak sekali kompetensi dari banyak sekali mata pelajaran ke dalam satu tema. Penentuan tema yang dijadikan sebagai wangsit besar dari pembelajaran yang menghubungkan konsep dan kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa.

baca juga:
RPP Silabus Promes MI Kelas 4 K13
RPP Silabus Prota Promes Kelas 6 SD MI K13
RPP Silabus Prota Promes Ekonomi MA Sekolah Menengan Atas Kelas X K13

Pendekatan ini dimaksudkan semoga siswa tidak berguru secara parsial sehingga pembelajaran sanggup memperlihatkan makna yang utuh pada siswa ibarat yang tercermin pada banyak sekali tema yang tersedia. Oleh alasannya ialah itu, pendidikan perlu dipersiapkan para penerima didik semoga sanggup hidup di masa depan dan mengikuti keadaan dengan lingkungan yang terus berubah melalui berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaborasi.

Selain itu penerima didik juga dipersiapkan dengan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan sebagai suatu keterampilan dalam kehidupan sehari-hari sebagai aplikasi dari kemampuan baca tulis, berhitung, literasi sains, literasi isu teknologi dan komunikasi, literasi keuangan, dan literasi budaya dan kewarganegaraan.

Silabus tematik yang dikembangkan oleh sentra kurikulum merupakan suatu model satuan pendidikan sanggup membuatkan silabus tematik dengan mengambil tema yang diubahsuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan. Satuan pendidikan juga sanggup pribadi memakai model silabus ini atau sanggup juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan.

Download Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Demikian dari saya admin Blog NomIfrod ihwal model silabus tematik terpadu revisi 2018 kurikulum 2013, semoga bisa memperlihatkan manfaat untuk pendidikan di seluruh Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel