Contoh Jurnal Membaca Harian Kegiatan Gerakan Literasi Di Sekolah


Contoh Jurnal Membaca Harian Program Gerakan Literasi di Sekolah. Gerakan Literasi Sekolah yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui aneka macam aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menimbulkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Gerakan Literasi Sekolah mempunyai tujuan untuk menumbuh kembangkan kebijaksanaan pekerti penerima didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah semoga mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Contoh Format Jurnal Membaca Harian Program Gerakan Literasi di Sekolah


Selain itu, Gerakan Literasi Sekolah juga bertujuan untuk:

  1. Menumbuh kembangkan budaya literasi di sekolah.
  2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah semoga literat.
  3. Menjadikan sekolah sebagai taman mencar ilmu yang menyenangkan dan ramah anak semoga warga sekolah bisa mengelola pengetahuan.
  4. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan bermacam-macam buku bacaan dan mewadahi aneka macam taktik membaca.

Gerakan Literasi Sekolah di SD/MI dilaksanakan secara sedikit demi sedikit dengan mempertimbangkan kesiapan masing-masing sekolah. Kesiapan ini meliputi kesiapan kapasitas fisik sekolah (ketersediaan fasilitas, sarana, prasarana literasi), kesiapan warga sekolah (peserta didik, tenaga guru, orang tua, dan komponen masyarakat lain), dan kesiapan sistem pendukung lainnya (partisipasi publik, derma kelembagaan, dan perangkat kebijakan yang relevan).

Untuk memastikan keberlangsungannya dalam jangka panjang, GLS SD dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran.

Download Contoh Jurnal Membaca Harian Program Gerakan Literasi di Sekolah


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download jurnal membaca
Rekapitulasi jurnal membaca

Demikian dari saya perihal Contoh Jurnal Membaca Harian semoga bisa membantu guru atau pihak sekolah / madrasah yang membutuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel