Kenali Benda Berbahaya Untuk Anak Balita

benda di sekitar kita yang sanggup membahayakan keselamatan balita Kenali Benda Berbahaya untuk Anak Balita

Ada banyak benda-benda di sekitar kita yang sanggup membahayakan keselamatan balita. Benda-benda tersebut kadang terlihat sepele dan tidak berarti.  Oleh sebab itu kita sebagai orang renta harus berhati-hati terhadap benda-benda yang ada di sekitar kita terutama dikala anak sedang memainkannya. Bukan kesenangan yang di sanggup malah luka atau cedera yang mengenai balita.  Maka dari itu pastikan keamanan dan berilah pengawasan dikala sang buah hati sedang bermain.

Apa saja 7 benda yang sanggup membahayakan anak kita?  Berikut uraiannya

1. Balon latex

Balon yang kelihatan menarik ini dan biasanya dijadikan hiasan dikala ada program perayaan ulang tahun perlu kita waspadai.  Pasalnya ada beberapa insiden yang menjadikan anak tersedak balon akhir meniup balon ataupun mengunyah balon latex tersebut.  Balon latex yang tersedak akan menyangkut di tenggorokan ataupun kerongkongan.

Pencegahan

Berilah perhatian dikala anak sedang memainkan balon latex ini.  Ada baiknya memakai balon jenis Mylar demi menjaga keamanan.  Cegah anak dikala berusaha mengunyah ataupun mencoba memasukannya ke dalam verbal anak balita.  Idealnya anak usia 8 tahun gres diperbolehkan meniup balon.  Waspadai dikala anak meniup balon latex dengan menarik nafas yang dalam.

2. Perlengkapan bath oil dan baby oil

Kandungan hydrocarbon cair yang biasanya terdapat dalam jenis bath oil ataupun baby oil tertentu sanggup mengakibatkan sakit semacam Pneumonia.  Selain itu ia juga sanggup mengakibatkan terjadinya kerusakan paru-paru dan simpulan hayat kalau benda tersebut terhirup oleh anak.

Pencegahan

Simpan bath oil dan baby oil dari jangkauan anak-anak.  Perhatikan dengan baik label dan cara penggunaan bath oil dan baby oil.  Selain itu simpan dengan baik benda-benda jenis lain yang mengandung hydrocarbon, contohnya ialah makeup remover, oil massage ataupun pengering kutek kuku.

3. Binatang anjing piaraan

Meskipun tergolong binatang peliharaan, anjing juga sanggup menggigit bayi ataupun anak. Sangat berbahaya kalau anak tergigit anjing ataupun kena muntahan air liur anjing.  Selain itu kutu yang ada pada anjing juga sangat ancaman untuk anak.

Pencegahan

Sebaiknya hindari meninggalkan anak hanya dengan anjing.  Namanya juga hewan, ia akan sanggup bersikap beringas sesuai dengan huruf hewannya. Waspadai kalau anak bermain benda yang sanggup ditarik oleh anjing.

4. Power window kendaraan

Power window sanggup mengakibatkan anak , baik itu tangannya ataupun lehernya.  Hal ini sanggup terjadi, mungkin anak tidak sengaja menekan tombol switch power window.  Sangat berbahaya kalau menjepit leher ataupun jari tangan sebab sanggup mengakibatkan luka serius bahkan simpulan hayat pada anak kalau power window menjepit leher anak.

Keamanan

Proteksi tombol power window dengan kemudahan yang ada pada mobil, contohnya fungsi lock out.  Pastikan dengan baik bahwa belum dewasa kondusif dikala kita mau menutup jendela kendaraan beroda empat dengan fungsi otomatis.  Jangan biarkan anak bermain di area mobil, apalagi dalam kondisi kunci menggantung di stir.

5. Dompet rias ataupun dompet ibu

Biasanya di dalam tas rias berisi berbagai benda yang terbuat dari materi kimia. Bahkan di dalam tas juga sering kita dapati terdapat benda-benda kecil menyerupai permen, peniti, klip, gunting kuku dan lain sebagainya.  Waspada kalau anak berusaha membongkar isi tas.

Pencegahan

Simpan tas rias di kawasan yang kondusif dan jauh dari jangkauan belum dewasa supaya tidak membahayakan keselamatannya.  Berilah pengawasan dan pastikan anak bermain dengan benda-benda yang aman.

6. Selimut tebal

Hati-hati kalau anak memainkannya sendirian sebab sanggup menciptakan anak terasa tersekap, kesudahannya anak tidak sanggup bernapas ataupun sesak napas.

Pencegahan

Simpan selimut yang tebal dan panjang di area yang kondusif dan usahakan belum dewasa yang berusia di bawah 1 tahun untuk tidak memainkannya supaya tidak timbul ancaman yang sanggup mengancam keselamatannya

7. Mainan yang tidak terpakai

Mainan bekas yang sudah usang tidak terpakai sanggup menjadikan ancaman pada anak. Apalagi kalau kondisi mainan tersebut sudah banyak yang hilang spare partnya.  Mainan yang seharusnya tidak tajam sanggup menjadi benda tajam.  Misalnya ialah ban yang ada pada mobilan.  Jika ban sudah hilang maka yang ada ialah besi dari as ban tersebut. Besi tajam ini tentunya sanggup menusuk anak ataupun terinjak secara tidak sengaja.

Keamanan

Pastikan mainan bekas yang akan digunakan terbebas dari sudut-sudut tajam. Perhatikan dengan seksama kondisi cat mainan, sebab sanggup jadi cat maianan yang sudah usang akan mengelotok dan sanggup terhirup oleh anak ataupun melekat pada telapak tangan anak.

Sebenarnya masih banyak lagi benda-benda berbahaya di sekitar kita.  Di atas hanyalah beberapa pola sebagai materi antisipasi supaya anak tetap kondusif bermain. Sebaiknya rapikan benda-benda yang tidak terpakai ataupun berserakan.  Buanglah benda-benda yang berbahaya untuk anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel