Cara Bersikap Optimis Setiap Hari

Ada salah satu rekan kita bertanya di Facebook JokoSusilo.com: bagaimana cara menjadi optimis?
Optimisme sanggup ditumbuhkan dari mengelola cara pandang anda dalam melihat setiap insiden dalam hidup anda. Baik itu merupakan insiden yang anda inginkan (hal positif) ataupun tidak (hal negatif).
Bagaimana maksudnya?
Begini… Ketika yang terjadi ialah hal-hal positif, biasakan anda melihatnya:
  • karena ACTION yang sudah anda lakukan. Ketika hal nyata terjadi, biasakan melihatnya dari banyak sekali sisi anda. Misal, jikalau anda gres saja lulus ujian, bukan saja hal itu disebabkan lantaran anda sudah sangat keras mempersiapkannya, tapi juga lantaran anda memang pintar, anda tekun berguru dan rajin berdoa.
  • sebagai tanda bahwa hal yang lebih baik lagi akan terjadi. Kalau bisnis anda mencapai sasaran yang dicanangkan tahun ini, biasakan melihatnya bahwa pencapaian yang lebih baik lagi akan terjadi di tahun berikutnya.
  • sebagai tanda jikalau hal nyata tersebut akan menular ke bidang-bidang lainnya dalam kehidupan anda. Misal, jikalau anak anda gres saja menerima ranking 1 di sekolah, biasakan melihatnya bahwa ini akan menular pada kesuksesan bisnis atau karir anda.
Sebaliknya, jikalau yang terjadi ialah hal-hal yang tidak anda inginkan atau hal negatif, biasakan anda melihatnya:
  • bukan disebabkan lantaran perbuatan anda. Contoh, jikalau ban kendaraan beroda empat anda gembos, itu bukan disebabkan lantaran anda yang mengendarainya, tapi lantaran tertusuk paku di jalan atau mungkin sudah waktunya untuk gembos.  Optimisme sanggup ditumbuhkan dari mengelola cara pandang anda dalam  melihat setiap kejadia Cara Bersikap Optimis Setiap  Hari Jangan salahkan diri anda sendiri.
  • kejadian jelek itu tidak ada kaitannya dengan masa depan anda. Kalau kaki anda gres saja tersandung dikala jalan-jalan, itu sama sekali bukan gejala jikalau masa depan anda akan ikut “tersandung” juga. Sama sekali tidak ada kaitannya!
Membiasakan cara-cara berpikir optimis menyerupai di atas akan membantu anda bersikap lebih optimis.
Sebagai penutup, ini beberapa tips dan prinsip semoga anda selalu menjadi optimis.
  1. Kunci menjadi optimis ialah memaksimalkan kesuksesan anda dan mengurangi kegagalan anda.
  2. Tidak ada salahnya mengakui kekurangan anda, tapi fokus pada kelebihan anda akan jauh lebih baik.
  3. Ketika anda mengalami sebuah kegagalan, ingat bahwa ada pelajaran yang anda petik, dan itu menciptakan anda selangkah lebih maju mendekati kesuksesan anda.
  4. Ucapkan kata-kata motivasi dalam kehidupan anda setiap hari. Ini membantu memotivasi anda.
  5. Jangan fokus pada sisi negatif, tapi fokuslah pada sisi positifnya. Dan tidak perlu mengira-ngira bahwa hal negatif yang akan datang. Kalau mau dirasakan, menjadi pesimis itu bekerjsama lebih berat daripada menjadi optimis. Kalau tidak percaya, silakan bandingkan sendiri.  Optimisme sanggup ditumbuhkan dari mengelola cara pandang anda dalam  melihat setiap kejadia Cara Bersikap Optimis Setiap  Hari
  6. Ingat selalu jikalau anda punya kesempatan yang tak terbatas untuk meraih sukses di masa depan.

Optimis sajalah menjalani hidup!

Salam ACTION!


sumber :
http://www.jokosusilo.com/2010/02/13/bagaimana-cara-belajar-bersikap-optimis-setiap-hari/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel