7 Cara Kreatif Semoga Anak Suka Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang di dalamnya aneka macam fadilah 7 Cara Kreatif Agar Anak Suka Ramadhan
ilustrasi ramadhan
Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang di dalamnya aneka macam fadilah-fadilahnya. Bagi seorang muslim, bulan Ramadhan merupakan bulan yang harus menawarkan kesan positif. Bagi anda yang sudah berkeluarga tentunya banyak cara yang bisa kita lakukan semoga anak-anak memiliki kesan kasatmata akan bulan Ramadhan.  Tentunya kesan kasatmata akan lebih dikenang oleh anak sampai usia dewasa.

Oleh sebab itu hendaknya para orang bau tanah harus bisa menyiasati dengan banyak melakukan kegiatan kasatmata bersama anak baik itu acara di luar maupun di dalam lingkungan  keluarga.  Dengan banyaknya acara yang diiringi dengan kebersamaan dengan anak tentunya hal ini akan lebih bisa untuk membangun kedekatan antara orangtua dan anak.  Pastinya tiap orang tua menginginkan relasi yang baik antara orang bau tanah dengan anak.  Nah berikut ini adalah beberapa pola acara yang bisa kita lakukan semoga bulan Ramadhan bisa berkesan untuk anak

1.  Menata ulang rumah dengan semarak Ramadhan

Agar Ramadhan menjadi bulan yang Istimewa maka hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan 
mendekorasi ulang tata rumah kita.  Kita bisa bekerja sama dengan anak dalam menata ulang rumah.  Misalnya yaitu dengan meminta anak untuk membantu merapikan mainannya.  Kita bisa meminta anak untuk memisahkan mainan yang sudah usang.  Selain itu semoga Ramadhan terasa seru kita bisa mendekorasi rumah kita dengan tema-tema Ramadhan.  Ajak anak untuk membuat poster ataupun menempelkan gambar perihal Ramadhan pada dinding rumah.

2.  Membuat jadwal gerakan membaca buku untuk anak

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang pas untuk membacakan belum dewasa perihal kisah-kisah inspiratif islami.  Buku yang bisa kita pilih bisa bertema perihal cerita para Nabi ataupun kisah tentang para Sahabat Nabi.  Dengan menyempatkan waktu membacakan buku kepada anak hal ini akan membangun kedekatan antara orang bau tanah dan anak.  Selain itu dengan membacakan buku yang Islami akan menguatkan keimanan anak dan memeperluas pengetahuan agamanya.

3.  Melakukan acara sosial

Bulan Ramadhan merupakan bulan berbagi, oleh sebab itu bisa kita jadikan sebagai latihan anak untuk saling mengembangkan dengan sesama.  Selain itu kita bisa melatih anak untuk selalu bersedekah dan bersedekah ke masjid.  Apabila ada even-even acara sosial maka kita bisa mengajak anak untuk berperan serta, contohnya yaitu Takjil On the Road, Buka puasa bersama anak yatim dan lain sebagainya.

4.  Menyiapkan hidangan buka puasa keluarga

Masih ada siasat lain yang bisa kita gunakan untuk mengisi acara di bulan Ramadhan apabila si buah hati belum besar lengan berkuasa berpuasa.  Caranya yaitu mengajak bersama untuk menyiapkan hidangan buka puasa bersama keluarga.  Hal ini akan menciptakan anak merasa terlibat dalam kegiatan menyemarakan Ramadhan.  Selain itu kita akan bisa membangun komunikasi dengan anak..

5.  Beribadah bersama ke masjid

Jangan lupa untuk mengajak anak beribadah shalat di masjid selama bulan Ramadhan. Latihlah anak untuk menunaikan ibadah yang disunnahkan yaitu shalat tarawih.  Hal ini juga akan melatih anak untuk bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar.  

6.  Kreatifitas menciptakan kartu Idul Fitri

Di bulan Ramadhan bisa kita isi dengan berkreatifitas bersama anak yaitu dengan menciptakan kartu ucapan selamat hari raya Idul Fitri.  Kartu ini bisa kita bagikan kepada saudara terdekat ataupun kita gunakan sebagai hiasan dinding sebagai reminder pengisi acara Ramadhan.  Membuat kartu ucapan lebaran bersama anak tentunya akan sangat menyenangkan.

7.  Saling memberi dengan tetangga dekat

Untuk memperkuat dan menjalin tali silaturahim dengan tetangga maka kita bisa melatih anak dengan saling memberi.  Contoh yang sederhana contohnya yaitu mengembangkan hidangan buka puasa.  Latihlah anak untuk menawarkan hidangan buka puasa kepada tetangga ataupun kepada teman dekatnya.  Hal ini akan membangun rasa tenggang rasa anak di bulan Ramadhan.
Marhaban Ya Ramadhan, kita sambut bulan Ramadhan dengan suka cita, bulan penuh makna dan bulan tarbiyah
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia, oleh sebab itu semoga anak mencicipi meriahnya bulan Ramadhan harus kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang kasatmata dan membangun.   Dengan kegiatan bersama akan menjalin keakraban keluarga dan yang paling penting yaitu anak akan merasakan indahnya di bulan Ramadhan.  Tujuannya alhasil yaitu anak bisa tumbuh menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel