Contoh Teladan Standar Menyusun Kurikulum Paud
Wednesday, March 27, 2019
Edit
Dalam menyusun kurikulum PAUD harus direncanakan dengan baik biar Kurikulum paud tersebut sanggup dilaksanakan dengan baik oleh satuan sekolah. Agar kurikulum PAUD sanggup menghasilkan penerima didik yang berkualitas maka harus diperhatikan dengan baik contoh standar dalam menyusun kurikulum PAUD.
Nah untuk membantu dalam menyusun kurikulum PAUD maka di bawah ini ialah contoh Acuan standar dalam proses pembuatan kurikulum. Walaupun sederhana semoga sanggup membantu dalam pembuatan kurikulum tersebut. yang disarikan dari blog Dr. Hapidin (hapidin64.blogspot.com)
ACUAN STANDAR DALAM MENYUSUN KURIKULUM PAUD
Oleh : Hapidin
A. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP) merupakan salah satu komponen utama dalam memahami, menyusun dan membuatkan kegiatan pembelajaran (bermain) pada satuan pendidikan anak usia dini. STPP menggambarkan kriteria (ukuran) normatif (rata-rata secara umum) pertumbuhan dan perkembangan yang diperlukan dicapai oleh anak pada rentang usia tertentu. Proses pertumbuhan anak yang meliputi pemantauan kondisi kesehatan dan gizi sanggup memakai ukuran baku dalam Kartu Menuju Sehat (KMS). Adapun proses perkembangan anak usia dini pada banyak sekali dimensi perkembangan sanggup ditemu kenali melalui karakteristik tingkat pencapaian perkembangan pada rentang usia tertentu yang mengikuti pola-pola umum dalam perkembangan. Pola karakteristik umum perkembangan ini menjadi ukuran normative yang bersifat generik (umum) yang harus disesuaikan dengan melihat perkembangan faktual pada masing-masing anak.
STPP sebagai contoh normatif telah disusun dalam bentuk pengelompokan usia anak pada banyak sekali aspek perkembangan sebagai berikut:
1. Tahap usia 0 - < 2 tahun, terdiri atas kelompok usia:
a. < 3 bulan
b. 3 - < 6 bulan
c. 6 - < 9 bulan
d. 9 - < 12 bulan
e. 12 - < 18 bulan
f. 18 - < 24 bulan
2. Tahap usia 2 - < 4 tahun, terdiri atas kelompok usia:
a. 2 - < 3 tahun
b. 3 - < 4 tahun
3. Tahap usia 4 - = 6 tahun, terdiri atas kelompok usia:
a. 4 - < 5 tahun
b. 5 - = 6 tahun
Berdasarkan kelompok usia tersebut disusun standar tingkat pencapaian perkembangan sebagai berikut :
Lingkup Perkembangan Tingkat Pencapaian Perkembangan
4 - < 5 tahun 5 - = 6 tahun
Mengingat artikelnya sangat panjang maka silakan copy kan link berikut ke browser anda membaca lebih detail ihwal Acuan standar Menyusun kurikulum PAUD
https://soalpaud.blogspot.com//search?q=acuan-standar-dalam-menyusun-kurikulum
Nah untuk membantu dalam menyusun kurikulum PAUD maka di bawah ini ialah contoh Acuan standar dalam proses pembuatan kurikulum. Walaupun sederhana semoga sanggup membantu dalam pembuatan kurikulum tersebut. yang disarikan dari blog Dr. Hapidin (hapidin64.blogspot.com)
ACUAN STANDAR DALAM MENYUSUN KURIKULUM PAUD
Oleh : Hapidin
A. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP) merupakan salah satu komponen utama dalam memahami, menyusun dan membuatkan kegiatan pembelajaran (bermain) pada satuan pendidikan anak usia dini. STPP menggambarkan kriteria (ukuran) normatif (rata-rata secara umum) pertumbuhan dan perkembangan yang diperlukan dicapai oleh anak pada rentang usia tertentu. Proses pertumbuhan anak yang meliputi pemantauan kondisi kesehatan dan gizi sanggup memakai ukuran baku dalam Kartu Menuju Sehat (KMS). Adapun proses perkembangan anak usia dini pada banyak sekali dimensi perkembangan sanggup ditemu kenali melalui karakteristik tingkat pencapaian perkembangan pada rentang usia tertentu yang mengikuti pola-pola umum dalam perkembangan. Pola karakteristik umum perkembangan ini menjadi ukuran normative yang bersifat generik (umum) yang harus disesuaikan dengan melihat perkembangan faktual pada masing-masing anak.
STPP sebagai contoh normatif telah disusun dalam bentuk pengelompokan usia anak pada banyak sekali aspek perkembangan sebagai berikut:
1. Tahap usia 0 - < 2 tahun, terdiri atas kelompok usia:
a. < 3 bulan
b. 3 - < 6 bulan
c. 6 - < 9 bulan
d. 9 - < 12 bulan
e. 12 - < 18 bulan
f. 18 - < 24 bulan
2. Tahap usia 2 - < 4 tahun, terdiri atas kelompok usia:
a. 2 - < 3 tahun
b. 3 - < 4 tahun
3. Tahap usia 4 - = 6 tahun, terdiri atas kelompok usia:
a. 4 - < 5 tahun
b. 5 - = 6 tahun
Berdasarkan kelompok usia tersebut disusun standar tingkat pencapaian perkembangan sebagai berikut :
Lingkup Perkembangan Tingkat Pencapaian Perkembangan
4 - < 5 tahun 5 - = 6 tahun
Mengingat artikelnya sangat panjang maka silakan copy kan link berikut ke browser anda membaca lebih detail ihwal Acuan standar Menyusun kurikulum PAUD
https://soalpaud.blogspot.com//search?q=acuan-standar-dalam-menyusun-kurikulum