Mainan Edukatif Anak Tema Sains Dengan Peralatan Sederhana

Permainan edukatif untuk belum dewasa paud ataupun Taman Kanak-kanak sangat bermanfaat untuk membuatkan kemampuan anak. Oleh sebab itu aneka macam kegiatan-kegiatan di dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Paud dan Taman Kanak-kanak yang diisi dengan acara yang bersifat mempunyai nilai edukasi untuk anak.  Meskipun bagi orang renta hal tersebut terlihat sederhana, namun untuk belum dewasa ialah hal yang sangat menarik dan tentunya akan membantu anak berpikir kreatif.

Nah untuk membantu para Bunda ataupun para guru-guru PAUD dan TK dalam mengisi acara maka berikut ialah teladan praktek acara sains dengan tema Jembatan Warna.

Alat Permainan Edukatif (APE) Jembatan Warna

Untuk melaksanakan acara ini maka alat-alat yang diharapkan ialah sebagai berikut

1. 3 buah gelas, sebaiknya gunakan gelas yang mempunyai ketinggian sama dan alangkah baiknya kalau memakai gelas transparan atau bening
2. 2 jenis pewarna air, sebaiknya gunakan pewarna yang kondusif untuk belum dewasa dan untuk jenis warna yang dipakai ialah bebas
3. Beberapa lembar tisu yang berwarna putih
4. Air

anak paud ataupun Taman Kanak-kanak sangat bermanfaat untuk membuatkan kemampuan anak Mainan Edukatif Anak Tema Sains dengan Peralatan Sederhana
gbr. coffeecupsandcrayons.com
Langkah-langkah acara edukasi APE Jembatan Warna

1. Siapkan air dan berilah warna dengan pewarna air.  Sebaiknya pilih pewarna yang mempunyai warna yang jauh berbeda, contohnya biru dengan kuning atau merah dengan kuning

2. Siapkan gelas dan isilah gelas dengan air yang sudah diberi pewarna.  Cukup 2 gelas saja yang diisi dengan air dan biarkan satu gelas kosong.  Tinggi air sebaiknya ialah 3/4 dari tinggi gelas. 

3. Langkah selanjutnya ialah susunlah ketiga gelas tadi di kawasan yang datar dengan gugusan sejajar dan gelas yang kosong berada di tengah.

4. Siapkan tisu dan lipatlah dengan rapi ibarat sumbu.  Kemudian taruhlah tisu tersebut di gelas dengan posisi 1 menyentuh gelas yang berisi air dan yang satunya lagi dihubungkan dalam gelas kosong.  Lakukan hal ini sama dengan gelas yang satunya.

Setelah semua dilakukan maka minta belum dewasa untuk memperhatikan ketiga gelas tersebut dan perhatikan apa yang terjadi.  Hal yang terjadi ialah gelas kosong akan terisi oleh air dan air yang diisi merupakan adonan warna kedua gelas di sebelahnya.  Menarik bukan?  Anak-anak niscaya akan menikmati permainan edukasi ini.

Kegiatan Jembatan Warna ini tergolong dalam acara Sains.  Permainan ini sangat kondusif untuk anak dan jenis APE ini bisa dilakukan di rumah.  Fungsi dari acara ini akan sangat efektif untuk meningkatkan daya kreatifitas anak, apalagi hal ini dilakukan ketika belum dewasa masih berusia dalam tahapan Golden Age.

Keselamatan dalam permainan: Sebaiknya awasi belum dewasa biar gelas tidak jatuh dan pecah.  Air harus diusahakan jangan hingga tumpah ataupun berceceran di lantai biar tidak menjadikan terpeleset.  Cuci tangan dengan air sabun sehabis melaksanakan acara ini dan kembalikan peralatan ke tempatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel