Mengapa Belum Dewasa Suka Berkata Kotor Dan Kasar


Anak-anak tiba-tiba sering berbicara kotor dan kasar, padahal orang bau tanah tidak pernah mengajarkan hal tersebut di rumah.  Sebagai orang bau tanah tentu hal ini akan menciptakan aib kalau anak berbicara kotor dan garang di depan umum.  Sebagian besar anak mengalami akan hal ini yaitu berbicara kotor dan kasar.  Oleh alasannya yaitu itu dikala anak lebih sering berkata kotor dan garang harus dicari penyebabnya.

Banyak alasan dan penyebab yang menimbulkan anak suka berkata garang dan kotor.  Salah satu alasan kenapa bawah umur berperilaku jelek tersebut yaitu alasannya yaitu kata-kata yang dilontarkan lebih terdengar unik dan lucu di kuping anak-anak.  Selain itu dikala anak berucap akan hal tersebut mereka lebih mendapat perhatian dan jawaban dari luar baik itu orang bau tanah ataupun masyarakat yang ada di sekelilingnya.  Tentunya hal ini akan menimbulkan mereka lebih suka berbicara jelek dan kasar.

Banyak sekali media yang rentan menularkan sikap jelek ini.  Televisi dapat juga mengajarkan hal-hal yang tidak baik kepada anak-anak.  Karena hampir seluruh keluarga mempunyai media televisi.  Selain itu lingkungan anak juga menghipnotis anak untuk lebih sering berkata garang dan kotor.  Terutama teman-teman anak.  Mereka akan lebih cepat menjiplak dan mempraktekkan pribadi apa yang diucapkan temannya. 

Bagi anak-anak, bermain dan berbicara kata-kata itu merupakan sesuatu yang menarik dan menyenangkan.  Oleh alasannya yaitu itu kiprah dari orang bau tanah sangat diperlukan.  Perhatian kepada anak harus lebih ditingkatkan.  Untuk menghilangkan bawah umur dari berbicara kotor, orang bau tanah harus dapat menjelaskan dengan baik dari ucapan anak tersebut.  Apakah ucapan yang dilontarkan anak dapat melukai perasaan orang lain, menciptakan murka dan emosi dan jawaban negatif lainnya.  Dengan memperlihatkan klarifikasi yang baik maka aak-anak akan dapat menfilter kata-kata yang garang dan kotor tersebut.


Untuk memaksimalkan biar anak tidak berperilaku jelek maka orang bau tanah harus banyak mengajarkan adab-adab yang baik dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.  Anak-anak harus memahami bahwa di lingkungannya ada hukum yang harus ditaatinya, salah satunya yaitu berbicara yang baik. Dan sasaran utama dari hal ini yaitu anak harus dapat menfilter dan bahkan bawah umur dapat memperlihatkan nasehat kepada temannya kalau ada anak yang berkata kotor dan kasar.

Selain itu para orang bau tanah juga harus dapat memperlihatkan klarifikasi bagaimana cara berperilaku yang baik dikala berada di daerah umum.  Contohnya yaitu bagaimana dikala bertemu dengan orang-orang baru, tata cara dikala meminta tolong kepada orang lain, sikap dikala berhadapan dengan orang lain dan lain sebagainya.  Kepekaan orang bau tanah akan hal ini sangat mutlak diperlukan.  Setiap perkembangan yang dilakukan anak-anak, orang bau tanah harus tahu.  Ketika ada sesuatu yang kurang baik maka kiprah orang bau tanah harus segera memperbaikinya dengan cara menasehati dan memperlihatkan klarifikasi secara gamblang yang dapat dicerna oleh anak-anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel