Menu Masakan Sehat Anak Paud

Anak usia dini khususnya Usia Taman Kanak-kanak dan PAUD harus mendapat perhatian yang intensif teruta Menu Makanan Sehat Anak PAUD
Pengertian Menu Makanan Sehat
Anak usia dini khususnya Usia Taman Kanak-kanak dan PAUD harus mendapat perhatian yang intensif terutama sajian masakan yang disantap tiap harinya.  Hal yang mesti diperhatikan yaitu kecukupan angka gizi pada sajian masakan tersebut.  Sebaiknya anak mendapat nutrisi dan gizi seimbang biar anak sanggup tumbuh dengan baik, lantaran usia tersebut merupakan usia yang sangat vital untuk perkembangannya.

Pengertian sajian masakan yaitu susunan hidangan sekali makan yang secara keseluruhan serasi dan saling melengkapi untuk kebutuhan. Dalam kesehatan seringkali dipakai istilah sajian adekuat yaitu sajian yang mengandung semua golongan materi masakan yang dibutuhkan dengan memperhatikan keseimbangan unsur - unsur gizi yang terkandung di dalamnya.

Konsep sajian adekuat menekankan adanya unsur-unsur gizi yang dibutuhkan oleh badan dalam keadaan seimbang. Unsur gizi yang dibutuhkan badan ini digolongkan atas pemberi tenaga atau energy, penyokong pertumbuhan, pembangun, dan pemeliharaan jaringan badan serta pengatur metabolisme dan banyak sekali keseimbangan dalam sel tubuh. Untuk sanggup menyusun sajian yang adekuat, seseorang perlu mempunyai pengetahuan mengenai materi masakan dan zat gizi seseorang serta pegetahuan hidangan dan pengolahannya.


Beberapa syarat dalam penyusunan sajian masakan sehat

 
Suatu susunan sajian masakan sehat sehari-hari secara umum harus memenuhi beberapa fungsi antara lain yaitu

1) Menu masakan harus mengandung masakan yang memuaskan selera serta memperlihatkan rasa kenyang.
2) Menu masakan harus mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan untuk berada dalam kondisi tetap sehat serta sanggup melaksanakan aktivitas sehari-hari.
3) Menu masakan sebaiknya memenuhi nilai-nilai sosial budaya yaitu kebiasaan, pantangan, dan sebagainya dari masyarakat yang mengkonsumsi.
4) Menu masakan dengan biaya terjangkau bagi konsumennya, selain itu hal yang akan menunjang proses konsumsi yaitu kebersihan, pengolahan yang sempurna sehingga lezat dimakan serta suasana menyenangkan ketika makan.

Beberapa hal yang diperhatikan dalam penyusunan masakan sehat untuk anak PAUD

1.  Kombinasi rasa yaitu asin, manis, asam, pahit, pedas, jikalau hal tersebut memang disukai oleh anak.

2.  Kombinasi warna masakan yaitu warna merah, hijau, coklat, kuning dan atau warna yang lainnya.

3.  Variasi bentuk potongan masakan yang sanggup diterapkan yaitu persegi, panjang, tipis, lingkaran dan bentuk-bentuk lainnya sesuai selera anak PAUD.

4.  Menu masakan dengan variasi kering atau berkuah lantaran ada jenis masakan sehat yang berkuah banyak menyerupai sup, sayur asam maupun yang sedikit kuah menyerupai tumis sayur, sambal goring serta yang kering menyerupai ikan goring, kering tempe.

5.  Hidangan dengan variasi teknik pengolahan yaitu ada hidangan yang diolah dengan teknik pengolahan digoreng, direbus, dibakar dan lainnya sehingga memperlihatkan penampilan, tekstur, dan rasa berbeda pada hidangan tersebut. Sebaiknya dihindari adanya pengulangan warna, rasa, bentuk, teknik pengolahan dalam satu sajian biar lebih disukai oleh anak-anak.

Beberapa jenis sajian masakan sehat untuk anak PAUD

 
a. Menu Menurut Waktu Makan anak

Dalam penyusunan sajian masakan atau hidangan berdasarkan waktu makan perlu diketahui beberapa hal yaitu : sajian makan pagi, biasanya dipilih hidangan yang cepat dan gampang dalam persiapan, penyajian dan dimakan sehingga akan membantu para bunda dalam penyiapannya.

Contoh yang sajian masakan sederhana:

a. Nasi putih dengan sambal goreng, tempe goreng dengan sayur
b. Menu bubur kacang hijau dengan susu cair ataupun pisang

Menu makan siang dan makan malam umumnya dibentuk sama, atau diganti satu atau dua hidangan, maupun disusun. Hal yang perlu diperhatikan yaitu kandungan gizinya lengkap sesuai kebutuhan keluarga. Umumnya semua materi masakan yang termasuk empat sehat tercantum di dalamnya : materi masakan pemberi tenaga menyerupai nasi, kentang, singkong, materi masakan pemberi zat pembangun, yaitu lauk pauk, ikan, telur ayam, materi masakan pemberi vitamin dan mineral yaitu sayuran dan buah-buahan.

Disamping makan pagi, siang, dan malam juga sanggup diadakan masakan selingan. Makanan selingan mempunyai kegunaan sebagai penambah zat gizi, terutama kalori maupun zat gizi lainnya yang kurang diperoleh pada waktu makan yang ada. Makanan selingan biasanya diberikan antara makan pagi dan siang, sekitar pukul 9-10 wib dan sore hari antara waktu makan siang dan malam sekitar pukul 4-5 wib. Contoh makan selingan yaitu pisang goreng, banyak sekali bubur menyerupai kacang hijau, kue-kue berair menyerupai onde-onde,kue lapis, roti bakar, selai pisang dan sajian yang lainnya.

Bahan-bahan sajian masakan sehat anak PAUD

 
Bahan masakan yaitu sesuatu yang dibeli, dimasak, dan disajikan sebagai hidangan untuk dikonsumsi. Hidangan yang dikonsumsi bukan hanya terdiri dari satu hidangan, tetapi sanggup lebih dari satu yang bila dihidangkan bersama haruslah merupakan kombinasi yang saling melengkapi kebutuhan manusia. Satu hidangan terdiri dari beberapa materi makanan  yang masing-masing materi masakan mengandung beberapa jenis zat gizi yang sanggup melengkapi satu sama lainnya.

Bahan makan disebut juga materi pangan, sanggup diperoleh dalam banyak sekali sumber dan bentuk. Ada materi masakan yang disebut sayuran, daging, dan buah. Berbagai jenis materi masakan yang terdiri empat kelompok :

1) Bahan masakan pokok
Bahan masakan pokok merupakan materi masakan yang memegang peranan penting. Bahan masakan pokok sanggup dikenal dari masakan yang dihidangkan pada waktu makan pagi, siang dan malam. Bahan masakan pokok merupakan energy (kalori) dan mengandung banyak karbohidrat.

2) Bahan masakan lauk pauk
Bahan masakan lauk pauk berfungsi sumber zat gizi protein dalam sajian masakan sehari-hari. Sumbernya, dikenal materi masakan berasal dari hewan(daging dan ikan) dan tumbuhan(kacang-kacangan).

3) Bahan masakan sayur mayur
Bahan masakan sayur mayor merupakan pemberi serat dalam hidangan serta pembasah lantaran umumnya dimasak berkuah. Sayur mayur merupakan sumber vitamin dan mineral. Contoh :sayur bayam, kangkung, wortel dan lain-lain.

4) Bahan masakan buah-buahan
Buah-buahan merupakan santapan terakhir dalam suatu program makan atau dimakan kapan saja. Buah-buahan merupakan sumber vitamin bagi manusia. Ada jenis beberapa buah yang juga memberi kalori yang cukup tinggi menyerupai lemak yang terkandung dalam advokat atupun karbohidrat yang terdapat pada durian.

Proses Pengolahan Menu Makanan anak PAUD

 
Seorang pengelola makan, baik keluarga maupun masyarakat, perlu mengetahui bahwa proses pengolahan makanan  sanggup meningkatkan mutu masakan yang dikonsumsi contohnya lebih baik dan gampang dicerna.

Akan tetapi pengolahan sajian masakan yang salah sanggup juga mengakibatkan merugikan yaitu bahwa selama proses pengolahan beberapa zat gizi yang ada pada materi masakan sanggup rusak atau hilang. Oleh alasannya itu, perlu diperhatikan tahap-tahap dalam proses penyiapan masakan yaitu penyiangan materi makanan, pencucian, pemotongan, dan pengolahan atau pemasakan dengan proses pemanasan sebagai berikut:

a) Pencucian dan penyiangan materi makanan

Pencucian materi masakan perlu dilakukan lantaran ada materi masakan yang berasal dari dalam tanah sehigga membawa kotoran. Proses pembersihan sebaiknya dilakukan sebelum pemotongan, dengan memakai air higienis yang mengalir. Begitu pula pada materi masakan nabati perlu dibersihkan contohnya kulit, batang yang keras, biji yang tidak termakan, serat yang keras, dan potongan yang busuk atau rusak dimakan binatang. Begitupun dengan binatang yang di siangi menyerupai ikan.

b) Pemotongan Bahan Makanan

Pemotongan materi masakan bertujuan untuk memudahkan masakan masuk ke dalam lisan dan mengunyah, terutama materi masakan yang agak keras dan liat. Makanan unuk insan lanjut usia (manula) perlu lebih diperkecil potongannya bahkan kalau perlu dihaluskan. Pada proses pemotongan atau penghalusan materi masakan ini, zat-zat gizi gampang hilang atau rusak lantaran zat-zat gizi dalam sel utuh masih terlindung. Namun bila sel-sel tersebut rusak lantaran terpotong, kontribusi itu akan hilang dan berakibat zat-zat gizi keluar dari sel. Dalam keadaan ini materi masakan gampang terkena udara yang mengandung oksigen dan sanggup merusak zat-zat tersebut(terjadi oksidasi). Zat gizi yang rusak oleh oksidasi udara luar yaitu thiamin dan vitamin A atau provitaminnya.

Disamping itu, enzim yang sanggup memecah zat gizi juga sanggup bekerja sehingga mempercepat pembusukan. Maka sebaiknya materi masakan dipotong atau dihaluskan dengan jarak waktu bersahabat pada dikala pengolahannya. Setelah pemotongan sanggup diberi bumbu untuk memperlambat pembusukan dan menambah rasa materi makanan.

c) Proses Pengolahan sajian makanan

Pengolahan dilakukan dengan mempergunakan panas, baik panas eksklusif menyerupai mengkremasi sate, maupun panas tidak eksklusif yaitu memakai materi mediator menyerupai menggoreng, merebus. Panas mengubah sifat-sifat kimia masakan yang berakibat lebih lanjut pada sifat-sifat nya.

d) Pengaruh pengolahan pada makanan

Beberapa kemungkinan pengaruh- dampak yang terjadi adalah:

1. Pecahnya dinding sel

Zat-zat gizi berada dalam sel materi makanan, terlindung dari hal-hal luar yang sanggup merusaknya atau mengganggunya. Pemanasan meninggikan sifat dap cerna atau digestibilitas masakan terutama materi masakan nabati.

2. Melemahkan dan mematikan mikroba jahat

Berbagai mikroba terdapat didalam materi makanan, ada yang tahan panas dan ada yang tidak. Pemanasan dalam pengolahan masakan sanggup meningkatkan keamanan masakan bagi kesehatan.

3. Mengubah banyak sekali zat gizi secara faktual dan negatif

Beberapa materi masakan mempunyai struktur yang tertutup yaitu berada dalam suatu kantung, contohnya karbohidrat dari nabati. Pemansan membuatkan kantung ini pecah oleh enzim-enzim dalam cairan pencernaan tubuh.
Pengaruh negatifnya, merusak sifat materi masakan sehingga menjadi sukar atau tidak sanggup dicerna oleh tubuh. Contoh: karbohidrat berubah menjdi arang oleh pemanasan tinggi secara eksklusif pada teknik pengolahan dibakar.

4. Pemanasan yang terlalu tinggi sanggup mengakibatkan zat karsinogenic

Pada materi masakan nabati maupun hewani yang diolah dengan panas tinggi sehingga menjadi hangus, sanggup terbentuk ikatan-ikatan yang bersifat carcinogenic yaitu merangsang terjadinya kanker.

5. Panas sanggup menghilangkan zat-zat toksik

Beberapa materi masakan nabati maupun hewani mengandung zat toksik atau racun alami. Panas sanggup menetralkan dampak zat-zat toksik ini. Misalnya, dalam daging ikan tertentu terdapat enzim yang sanggup merusak zat gizi, dengan pemanasan tertentu dan waktu tertentu, dampak tersebut sanggup dihilangkan.

Pemilihan materi masakan dan cara pengolahan sajian masakan yang benar akan menciptakan sajian masakan sehat sanggup diserap oleh badan dengan baik.  Efeknya yaitu pertumbuhan belum dewasa usia PAUD ataupun Taman Kanak-kanak sanggup berkembang dengan baik. Minimal dengan kecukupan gizi yang cukup akan memperlihatkan badan yang ideal bagi anak.

Para orang bau tanah sebaiknya memperhatikan dengan baik wacana sajian masakan untuk anak PAUD maupun TK.  Meskipun biasanya para pengelola Taman Kanak-kanak ataupun PAUD menyediakan beberapa sajian masakan sehat untuk para penerima didiknya.  Dalam sajian masakan yang sehat akan menunjang proses berguru anak terutama di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel