Bagaimana Mempunyai Bayi Yang Pintar?
Wednesday, March 27, 2019
Edit
Nutrisi, Otak dan Lingkungan: Bagaimana mempunyai Bayi yang lebih pandai dan cerdas?
"Gen yaitu kerikil bata dan mortir untuk membangun otak. Lingkungan yaitu arsitek".
- Christine Hohmann
Kualitas perkembangan otak insan tergantung pada interaksi antara endowmen genetik dan faktor lingkungan menyerupai nutrisi, stimulasi dan sikap orang tua. Hubungan antara fungsi nutrisi dan otak telah diakui selama hampir 100 tahun. Hal ini umumnya tidak disadari bahwa sel-sel otak lebih sensitif dibandingkan dengan sel-sel tubuh lain untuk nutrisi dan materi kimia makanan. Otak yaitu organ fisik yang paling berharga, cuilan penting yang meliputi kecerdasan, kepribadian, kesejahteraan emosional, pikiran, spiritualitas dan jiwa. Tidak ada yang lebih penting dalam kehidupan yang sukses dan memuaskan daripada otak yang berfungsi secara optimal. Kabar baiknya yaitu bahwa kita sanggup membuat lebih banyak koneksi, sinapsis, dendrit dan reseptor melalui diet, kecukupan gizi dan oleh acara mental dan fisik (1,2). Ada lebih dari 100 miliar koneksi sinaptik di otak dan integritas mereka tergantung pada asupan diet yang sempurna dan mikronutrien serta acara mental dan fisik.
Pertumbuhan Otak
3 bulan terakhir selama kehamilan dan 3 tahun pertama kehidupan sesudah kelahiran merupakan hal yang paling penting bagi perkembangan otak. Kesehatan dan asupan gizi ibu selama kehamilan mempunyai dampak yang signifikan terhadap perkembangan otak selama janin dalam kandungan. Ukuran otak bayi ketika lahir hampir 70% dari ukuran cerdik balig cukup akal otak tapi berat badannya hanya 5% dari orang dewasa. Pada tahun pertama sesudah kelahiran pertumbuhan otak sekitar 15% oleh alasannya yaitu itu perlunya proses menyusui untuk meningkatkan pertumbuhan otak. Sisanya 10% pertumbuhan otak terjadi selama tahun-tahun awal prasekolah dimana perhatian khusus perlu diberikan masakan sehat dan asupan optimal mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral. Stimulasi lingkungan, interaksi dengan orang bau tanah dan lingkungan, acara bermain dan permainan menyenangkan yang penting untuk pertumbuhan neuron dan proliferasi jaringan sinapsis, dendrit dan reseptor.
Diet dan otak
"Makanan yang baik untuk jantung mungkin akan baik untuk otak."
-Hippocrates
Gizi ibu sebelum dan selama kehamilan yaitu yang paling penting untuk perkembangan optimal otak janin. Mengingat fakta bahwa 70% dari pertumbuhan otak terjadi selama dalam kandungan, diet ibu selama kehamilan sangat penting untuk perkembangan otak yang optimal. Penelitian telah memperlihatkan bahwa struktur otak janin dipengaruhi oleh apa yang ibu makan ketika hamil. Beberapa nutrisi yang diperlukan, tetapi ketersediaan kolin sangat penting untuk perkembangan otak insan (5).
Menyusui merupakan hal yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak neuromotor dari bayi. Hampir dua pertiga dari berat otak yaitu alasannya yaitu fosfolipid dan asam lemak rantai panjang. Docosahexaenoic acid (DHA) dan arachi-donic acid (AA) yaitu asam lemak penting bagi pertumbuhan otak. ASI mengandung 30 kali lebih banyak DHA dari susu sapi. Menurut WHO, bayi harus mendapat 20 mg DHA / kg setiap hari. ASI kaya akan kolin, taurin dan seng yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak. ASI mengandung hampir dua kali lipat jumlah laktosa dibandingkan dengan susu mamalia lainnya. Laktosa dikreditkan untuk memfasilitasi sintesis cerebrosides dan mielinasi sistem saraf pusat (SSP). Dengan ASI, bayi mempunyai intelligence quotient minimal 8 poin lebih tinggi di kemudian hari dibandingkan dengan susu formula bayi (6,7).
Ada bukti yang cukup untuk memperlihatkan bahwa masakan yang kita makan akan menghipnotis ingatan, konsentrasi, pemahaman, penilaian, kecerdasan, suasana hati dan emosi. Setidaknya ada 50 materi kimia otak atau neurotransmitter yang dipengaruhi oleh asupan masakan dan mikronutrien (8).
Efek fisiologis nutrisi pada pertumbuhan otak
Sejumlah asam amino diakui sebagai prekursor neurotransmitter. Triptofan diharapkan untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan mood dan rasa kesejahteraan. Kolin diharapkan untuk menghasilkan asetilkolin yang penting untuk ingatan kita. Tirosin membantu dalam motorik koordinasi dengan klarifikasi terperinci dopamin. Taurin diharapkan untuk pematangan retina.
Mikronutrien yang diharapkan untuk menghasilkan beberapa enzim dan co-faktor untuk sejumlah jalur metabolik. Hal ini diketahui semenjak usia yang pellagra (kekurangan niacin) mengakibatkan penurunan kognisi dan demensia. Sejumlah vitamin B-kompleks lainnya terutama B1, B2, B6, B12, niasin, dan asam folat diharapkan untuk sintesis beberapa neuro-transmitter. Kekurangan thiamin menghambat kemampuan otak untuk memanfaatkan glukosa. Defisiensi folat, B6, B12 dan kolin bekerjasama dengan ketinggian tingkat homocysteine plasma yang sanggup mengakibatkan komplikasi dan stroke tromboemboli (9). Yodium diharapkan untuk sintesis tri-iodothyronine dan tiroksin. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan acara fisik berkurang, neuromotor inkoordinasi dan mengurangi kognisi (10). Sitokrom oksidase dalam mitokondria yaitu enzim tergantung besi. Oligodendrocytes membutuhkan zat besi untuk mensintesis asam lemak dan kolesterol untuk produksi myelin dan integritas. Zat besi juga dibutuhkan untuk berfungsinya sistem neurotransmisi menyerupai dopamin, serotonin dan GABA. Kekurangan zat besi telah terbukti menghipnotis otak batang kegiatan telinga dan potensi mengakibatkan visual yang yang sanggup bertahan bahkan sesudah koreksi anemia defisiensi zat besi. Ada beberapa bukti yang memperlihatkan bahwa konsentrasi jaringan yang berlebihan dari besi sanggup mengakibatkan penyakit Parkinson pada orang dewasa. Zinc merupakan komponen penting dari lebih dari 200 metalloenzymes dan ada konsentrasi tinggi seng dalam otak (11). Tembaga merupakan komponen penting sitokrom oksidase dan superoksida dismutase di otak. Defisiensi tembaga dikaitkan dengan penyakit Menke sementara kelebihan tembaga merupakan penanda yang diakui penyakit Wilson, familial amyotrophic lateral sclerosis dan penyakit Alzheimer.
Sea food yaitu masakan yang baik untuk otak. Ikan dan minyak ikan yaitu sumber penting dari omega-3 asam lemak dan DHA. Asam lemak omega-3 yang diberikan sanggup mengurangi peradangan seluler dan pembuluh darah di otak, meningkatkan vasodilatasi dan menjamin integritas membran sel otak untuk menjaga mereka lembut dan elastis (12,13). DHA merupakan hampir separuh dari total lemak dalam membran sel otak. DHA yaitu materi bangunan untuk pembuatan pusat komunikasi sinaptik di otak. Hal ini meningkatkan tingkat "merasa baik" neurotransmitter serotonin dan "meningkatkan ingatan" asetilkolin kimia.
Tidak menyerupai orang dewasa, bayi tidak sanggup mengkonversi asam alpha-linolenic asam lemak rantai pendek menjadi DHA dan mereka harus diberi nutrisi penting ini de novo dalam makanan. Tabel daftar nutrisi penting yang diharapkan untuk pengembangan CNS (1). Ikan merupakan sumber yang baik dari omega-3 asam lemak, taurin, yodium dan seng. Kebetulan, junk food kaya omega-6 asam lemak trans yang membahayakan integritas SSP akan membuat membran sel yang kurang elastis dan lebih kaku.
Tabel 1 -Nutrisi cerdas untuk Otak
• Omega-3 asam lemak, asam dcosahexaenoic (DHA) dan asam arakidonat
• Vitamin B kompleks, asam folat, vitamin C, vitamin E
• Yodium, zat besi, seng, selenium
• Asam amino esensial termasuk taurin
• Kolin
• Antioksidan
Terlepas dari imbas samping eksklusif kekurangan gizi pada otak, ada konsekuensi tidak eksklusif dari kekurangan gizi pada perkembangan otak. Anak-anak dengan kurang gizi akan cenderung apatis dan lesu serta akan sedikit sekali untuk mengeksplorasi lingkungan mereka. Karena mereka dalam usia yang masih kecil, mereka diperlakukan sebagai "terlalu muda" dan diberikan stimulasi yang tidak pantas oleh orang bau tanah mereka. Perilaku berubah dan suasana hati bawah umur kurang gizi sering mengakibatkan sikap berubahnya si pengasuh terhadap mereka dengan buruknya tingkat interaksi dan acara bermain.
Peran antioksidan
Otak yaitu organ metabolik yang paling aktif dalam tubuh dan mengkonsumsi jumlah maksimum glukosa dan oksigen. Otak yang beratnya hanya 2% dari berat tubuh tetapi mengkonsumsi 20-30% dari seluruh energi. Ketika mitokondria memperabukan oksigen untuk menghasilkan energi, sebagian besar radikal bebas oksigen dilepaskan sebagai produk sampingan. Reaktif radikal bebas oksigen bertindak menyerupai rudal dan dinding serangan mitokondria, membran dinding sel dan menembus mendalam untuk merusak DNA nuklir. Mereka merusak sistem komunikasi SSP dengan mengakibatkan penyusutan dan pembubaran dendrit dan sinapsis. Otak yaitu organ fattiest tubuh yang membuatnya paling rentan terhadap peroksidasi lipid oleh radikal bebas oksigen. Antioksidan mempunyai tugas penting dalam menyiram kobaran api ini dalam mitokondria dan membran sel (14). Selain antioksidan endogen, sejumlah antioksidan eksogen atau masakan menyerupai vitamin C, vitamin E, beta-karoten dan aneka macam fitonutrien yang berkhasiat untuk melindungi neuron dan membran sel terhadap kerusakan tanggapan radikal bebas oksigen. Sejumlah mikronutrien menyerupai tembaga, seng, besi selenium, vitamin B2 dan vitamin B6 dll . juga diharapkan untuk fungsi optimal dari antioksidan endogen menyerupai glutation peroksidase, superoksida dismutase, catalases dan ceruloplasmin.
Konsekuensi neuropsikologi dari kekurangan gizi
Malnutrisi energi-protein merupakan penyebab penting stunting, pengembangan neuromotor yang tertunda, acara fisik berkurang, kemalasan dan kognisi yang jelek (15-17). Lebih dari 50% balita di negara kita terhambat. Anak terhambat mempunyai ukuran kepala yang lebih kecil, gangguan koordinasi neuromotor, kemampuan mencar ilmu tidak maksimal dan kemampuan mental. Anak terhambat mempunyai intelligence quotient sekitar 11 poin lebih rendah dibandingkan dengan anak normal (18). Pengerdilan demikian terkait dengan kualitas hidup yang jelek dan pengembangan sumber daya insan yang tidak maksimal. Kegiatan menyusui dan pengenalan akan gizi masakan pendamping seimbang padat energi ketika usia 6 bulan sangat penting untuk mencegah stunting dan meningkatkan pertumbuhan otak. Anak-anak harus didorong untuk mengkonsumsi diet yang ramah otak ( Tabel II ). Trimester terakhir kehamilan dan 3 tahun pertama kehidupan sesudah kelahiran merupakan yang paling kritis dan rentan terhadap imbas kekurangan nutrisi dan harus diberikan perhatian khusus dan perhatian oleh dokter kandungan dan dokter anak.
Tabel II -Brain ramah-Diet (1)
• buah-buahan musiman segar dan sayuran berdaun hijau *
• Lentil, kacang-kacangan, kacang tawar, almond dan kenari
• Unggas tanpa kulit, daging dan telur
• Ikan (Hilsa, pusava, boiler, salmon, sarden, makarel)
• Rasio omega-6 dengan omega-3 asam lemak dalam diet harus 04:01
• Batasi asupan garam, masakan olahan dan junk food
• Memastikan kecukupan vitamin dan mineral
* Ceri, bayam, bawang putih, buah-buahan sangat berwarna dan sayuran, plum dan kismis dll
merupakan sumber yang baik dari antioksidan.
Survei memperlihatkan bahwa hampir 50% bawah umur sekolah telah meninggalkan sarapan pagi. Telah terbukti bahwa meninggalkan sarapan akan merugikan dan menghipnotis pertumbuhan fisik, kekuatan dan semangat, mencar ilmu kemampuan, memori, prestasi akademis dan emosional dan psikologis kesejahteraan (19).
Berkorelasi klinis gangguan fungsi sistem saraf pusat alasannya yaitu kekurangan aneka macam mikronutrien ditunjukkan pada Tabel III (20-28). Gizi supplemen untuk bayi dan balita mempunyai manfaat meningkatkan memori dan kognisi dan imbas menguntungkan bertahan selama masa sekolah (29).
Tabel III-CNS Manifestasi Kekurangan Mikronutrien (20-28)
Akibat kekurangan Mikronutrisi
• Vitamin B1 (tiamin)
Demensia, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi
dan kebingungan, kehilangan memori
dan depresi
• Vitamin B2 (riboflavin)
Gangguan pada kinerja psikomotor
tes, neuromotor inkoordinasi
dan perubahan kepribadian
• Vitamin B3 (niacin)
Demensia, kehilangan memori, gugup,
distractibility dan skizofrenia
• Vitamin B6 (piridoksin)
Depresi, gampang marah, kehilangan memori,
ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, neuritis perifer
dan kejang
• Vitamin B12 (cobalamin)
Demensia, kehilangan memori, disorientasi
dan ketidakstabilan emosional
• Asam folat
Kehilangan memori, pelupa, depresi,
iritabilitas, introversi, kurang percaya diri,
autisme? gangguan perhatian dan stroke
• Vitamin C (asam askorbat)
Skor Mengurangi IQ, memori, aneh
berpikir dan kecerdasan non-verbal, diubah
perilaku dan peningkatan risiko stroke
• Vitamin E (tokoferol)
Memori jelek dan rentang perhatian, sementara
serangan iskemik tanggapan penyumbatan karotid
kapal dan peningkatan risiko Alzheimer
penyakit?
• Yodium
Somatik miskin dan pertumbuhan SSP, kelesuan,
tidak aktif, lesu, kurang konsentrasi, gangguan
kognisi dan ketiadaan koordinasi
• Besi
Kelesuan, apatis, kurangnya semangat dan
antusiasme, skor yang lebih rendah pada motor
pengembangan dan tes kognitif dan
nilai sekolah rendah
• Zinc
Kelesuan, penurunan memori visual,
perkembangan kognitif terganggu dan
masalah neuropsycho-logis
• Selenium
Depresi, mood rendah, tingkat energi yang rendah,
kecemasan dan stres
• Kolin
Proses penuaan ditingkatkan, memori miskin
dan fungsi mental, meningkat
risiko stroke alasannya yaitu ketinggian plasma
tingkat homocysteine.
• asam rantai panjang lemak esensial
Rentang memori pendek, kemampuan masyarakat miskin untuk
diskriminasi, agresi, permusuhan,
ketidakmampuan belajar, disleksia? rendahnya perhatian
Stimulasi dan perkembangan otak
Otak kita dibagi menjadi dua cuilan atau belahan yang sama. Belahan kiri terutama bertanggung jawab untuk logika, penalaran, kognisi dan kemampuan analisis menyerupai bahasa, berbicara di depan umum dan matematika. Korteks dari belahan kanan bertanggung jawab untuk pengembangan karakteristik seni menyerupai musik, tari, lukis, puisi, kedamaian, ketenangan, wawasan, emosi, persepsi ekstra-indrawi, kreativitas, pikiran intuitif dan spiritualitas. Setiap kegiatan yang merangsang kedua Hemis-pheres secara bersamaan mempromosikan pengembangan intelijen global. Hippocampus yaitu berkaitan dengan interaksi sosial, emosi dan memori ketika kelenjar pineal diyakini dingklik spiritualitas.
Bayi mempunyai kebutuhan biologis untuk belajar. Setiap stimulasi melalui indera khusus nya (pendengaran, penglihatan, rasa, amis dan sentuhan) yang diberikan selama hidup dan prasekolah janin tahun mempunyai imbas mendalam pada pertumbuhan dan pematangan otak (30). Telah terbukti bahwa acara stimulasi sanggup mendorong pertumbuhan lebih cepat, meningkatkan koordinasi gerakan otot, meningkatkan rentang konsentrasi dan meningkatkan IQ bayi sebanyak 15 poin. Ada bukti eksperimental yang memperlihatkan bahwa tikus dipelihara dalam merangsang lingkungan dengan beramai-ramai menyenangkan dan permainan mempunyai sel-sel otak ekstra 50.000 pada setiap sisi hippocampus mereka dibandingkan dengan tikus dipelihara dalam sangkar biasa. Ketika tikus ditempatkan di atas treadmill, itu menginduksi sel-sel otak mereka untuk menghasilkan sebuah "faktor pertumbuhan" yang merangsang pertumbuhan dendrit sehingga memperluas jaringan komunikasi. Pertumbuhan neuron terjadi tidak hanya di cuilan otak yang mengontrol fungsi motorik, tetapi juga di daerah-daerah yang mengontrol memori, penalaran, berpikir dan belajar. Latihan, acara bermain dan fungsi antar-aktif dikreditkan untuk meningkatkan sirkulasi otak dan produksi antioksidan.
Stimulasi bayi harus dimulai di dalam rahim. Hal ini juga diketahui bahwa janin tidak merespon ibu mereka detak jantung dan suara. Kami mempunyai beberapa pola pembelajaran dalam rahim dalam mitologi India. Abimanyu pelajari dalam rahim ibunya, cara memasukkan chakarvyuh ketika ayahnya Arjun menjelaskan prinsip-prinsip dan teknik mekanisme masuk ke istrinya yang tengah hamil Subadhra . Ibu harus memperlihatkan sugesti aktual kepada bayinya setiap kali beliau dalam suasana santai dan sebelum tidur. Janin yang paling waspada pada sore dan malam antara 8:00 hingga sekitar tengah malam. Tampaknya bahwa ketika ibu berbaring untuk beristirahat, bayinya bangkit dan menendang. Ibu sanggup menghubungi bayinya dengan nama kesayangan dan menyampaikan misalnya, "ini yaitu umi, saya mencintaimu sayang, saya menyayangimu, Kamu akan menjadi bayi yang cerdas. Kamu akan menjadi baik, murah hati dan penuh kasih insan ". Ibu harus mengulang saran ini di malam hari hingga beliau pergi tidur. Ibu juga bisa menyenandungkan lagu yang menenangkan, membaca sajak atau dongeng keberanian atau bernyanyi lagu pengantar tidur. Setelah 5 bulan kehamilan, ibu harus mengayun dengan lembut dan perlahan di dingklik goyang dengan ayunan sedang per menit beberapa kali dalam sehari. HAl ini memungkinkan untuk meningkatkan pengembangan neuromotor dan kemampuan koordinasi bayi.
Selama masa bayi dan tahun-tahun sebelum sekolah, orang bau tanah harus secara aktif berinteraksi dengan bayi mereka. Bayi dilarang ditinggalkan sendirian di tempat tidurnya atau dengan mainannya. Bayi harus dirangsang ketika beliau waspada dan penuh perhatian dan tidak ketika ia mengantuk atau lapar. Ekstra membelai, menyentuh, membelai, memeluk, kulit-ke-kulit dan pijat yang sangat merangsang. Selama enam bulan pertama, bayi suka melihat garis-garis hitam dan putih, papan checker, dan kotak. Mereka harus diberikan kesempatan untuk melihat benda warna-warna cerah. Musik yang bertempo, ritme, melodi dan harmoni dan merangsang otak bayi. Bayi suka mendengarkan musik klasik atau instrumental dan kebanyakan anak memperlihatkan gerakan menari impulsif ketika menonton musik cepat beramai-ramai di TV. Anak-anak menikmati berbaring di perut mereka dan membuat gerakan berenang. Bayi mencar ilmu keterampilan gres melalui pengulangan dan orang bau tanah harus mengulang stimulus hingga bayi tidak lagi tertarik atau beliau bosan. Selain meningkatkan pengembangan neuromotor dan meningkatkan pematangan otak, acara bermain interaktif memperlihatkan kenikmatan yang besar dan menyenangkan untuk orang bau tanah dan meningkatkan ikatan orangtua-anak.
Kesimpulan
1. Nutrisi optimal selama kehamilan dan 3 tahun pertama kehidupan yaitu yang paling penting alasannya yaitu 70% dari otak insan berkembang selama kehidupan janin dan 30% sisanya selama tahun-tahun prasekolah.
2. Setiap bayi harus diberi ASI untuk meningkatkan pertumbuhan otak yang cepat selama masa bayi. Nutrisi yang berkualitas pada ibu akan meningkatkan kualitas ASI.
3. Anak-anak harus didorong untuk mengambil diet yang ramah-otak kaya nutrisi cerdas dan antioksidan. Junk food dan minuman ringan harus diperkecil. Ketika 100% RDA dari semua mikronutrien tidak sanggup dipenuhi melalui sumber masakan alasannya yaitu anak rewel, maka perhiasan gizi yang dianjurkan bisa diberikan untuk memastikan perkembangan otak yang optimal.
4. Anak-anak yang sedang sekolah dilarang melewatkan sarapan mereka alasannya yaitu berdampak pada pertumbuhan fisik dan kemampuan belajar.
5. Selain nutrisi, acara fisik dan stimulasi sama-sama penting untuk mempromosikan perkembangan otak dengan pembentukan koneksi interneuronal, sinapsis dan dendrit. Stimulasi bayi harus dimulai dalam rahim dan terus berlanjut sepanjang tahun-tahun formatif selama masa kanak-kanak.
Disarikan dari indianpediatrics.net
"Gen yaitu kerikil bata dan mortir untuk membangun otak. Lingkungan yaitu arsitek".
- Christine Hohmann
Kualitas perkembangan otak insan tergantung pada interaksi antara endowmen genetik dan faktor lingkungan menyerupai nutrisi, stimulasi dan sikap orang tua. Hubungan antara fungsi nutrisi dan otak telah diakui selama hampir 100 tahun. Hal ini umumnya tidak disadari bahwa sel-sel otak lebih sensitif dibandingkan dengan sel-sel tubuh lain untuk nutrisi dan materi kimia makanan. Otak yaitu organ fisik yang paling berharga, cuilan penting yang meliputi kecerdasan, kepribadian, kesejahteraan emosional, pikiran, spiritualitas dan jiwa. Tidak ada yang lebih penting dalam kehidupan yang sukses dan memuaskan daripada otak yang berfungsi secara optimal. Kabar baiknya yaitu bahwa kita sanggup membuat lebih banyak koneksi, sinapsis, dendrit dan reseptor melalui diet, kecukupan gizi dan oleh acara mental dan fisik (1,2). Ada lebih dari 100 miliar koneksi sinaptik di otak dan integritas mereka tergantung pada asupan diet yang sempurna dan mikronutrien serta acara mental dan fisik.
Pertumbuhan Otak
3 bulan terakhir selama kehamilan dan 3 tahun pertama kehidupan sesudah kelahiran merupakan hal yang paling penting bagi perkembangan otak. Kesehatan dan asupan gizi ibu selama kehamilan mempunyai dampak yang signifikan terhadap perkembangan otak selama janin dalam kandungan. Ukuran otak bayi ketika lahir hampir 70% dari ukuran cerdik balig cukup akal otak tapi berat badannya hanya 5% dari orang dewasa. Pada tahun pertama sesudah kelahiran pertumbuhan otak sekitar 15% oleh alasannya yaitu itu perlunya proses menyusui untuk meningkatkan pertumbuhan otak. Sisanya 10% pertumbuhan otak terjadi selama tahun-tahun awal prasekolah dimana perhatian khusus perlu diberikan masakan sehat dan asupan optimal mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral. Stimulasi lingkungan, interaksi dengan orang bau tanah dan lingkungan, acara bermain dan permainan menyenangkan yang penting untuk pertumbuhan neuron dan proliferasi jaringan sinapsis, dendrit dan reseptor.
Diet dan otak
"Makanan yang baik untuk jantung mungkin akan baik untuk otak."
-Hippocrates
Gizi ibu sebelum dan selama kehamilan yaitu yang paling penting untuk perkembangan optimal otak janin. Mengingat fakta bahwa 70% dari pertumbuhan otak terjadi selama dalam kandungan, diet ibu selama kehamilan sangat penting untuk perkembangan otak yang optimal. Penelitian telah memperlihatkan bahwa struktur otak janin dipengaruhi oleh apa yang ibu makan ketika hamil. Beberapa nutrisi yang diperlukan, tetapi ketersediaan kolin sangat penting untuk perkembangan otak insan (5).
Menyusui merupakan hal yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak neuromotor dari bayi. Hampir dua pertiga dari berat otak yaitu alasannya yaitu fosfolipid dan asam lemak rantai panjang. Docosahexaenoic acid (DHA) dan arachi-donic acid (AA) yaitu asam lemak penting bagi pertumbuhan otak. ASI mengandung 30 kali lebih banyak DHA dari susu sapi. Menurut WHO, bayi harus mendapat 20 mg DHA / kg setiap hari. ASI kaya akan kolin, taurin dan seng yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak. ASI mengandung hampir dua kali lipat jumlah laktosa dibandingkan dengan susu mamalia lainnya. Laktosa dikreditkan untuk memfasilitasi sintesis cerebrosides dan mielinasi sistem saraf pusat (SSP). Dengan ASI, bayi mempunyai intelligence quotient minimal 8 poin lebih tinggi di kemudian hari dibandingkan dengan susu formula bayi (6,7).
Ada bukti yang cukup untuk memperlihatkan bahwa masakan yang kita makan akan menghipnotis ingatan, konsentrasi, pemahaman, penilaian, kecerdasan, suasana hati dan emosi. Setidaknya ada 50 materi kimia otak atau neurotransmitter yang dipengaruhi oleh asupan masakan dan mikronutrien (8).
Efek fisiologis nutrisi pada pertumbuhan otak
Sejumlah asam amino diakui sebagai prekursor neurotransmitter. Triptofan diharapkan untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan mood dan rasa kesejahteraan. Kolin diharapkan untuk menghasilkan asetilkolin yang penting untuk ingatan kita. Tirosin membantu dalam motorik koordinasi dengan klarifikasi terperinci dopamin. Taurin diharapkan untuk pematangan retina.
Mikronutrien yang diharapkan untuk menghasilkan beberapa enzim dan co-faktor untuk sejumlah jalur metabolik. Hal ini diketahui semenjak usia yang pellagra (kekurangan niacin) mengakibatkan penurunan kognisi dan demensia. Sejumlah vitamin B-kompleks lainnya terutama B1, B2, B6, B12, niasin, dan asam folat diharapkan untuk sintesis beberapa neuro-transmitter. Kekurangan thiamin menghambat kemampuan otak untuk memanfaatkan glukosa. Defisiensi folat, B6, B12 dan kolin bekerjasama dengan ketinggian tingkat homocysteine plasma yang sanggup mengakibatkan komplikasi dan stroke tromboemboli (9). Yodium diharapkan untuk sintesis tri-iodothyronine dan tiroksin. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan acara fisik berkurang, neuromotor inkoordinasi dan mengurangi kognisi (10). Sitokrom oksidase dalam mitokondria yaitu enzim tergantung besi. Oligodendrocytes membutuhkan zat besi untuk mensintesis asam lemak dan kolesterol untuk produksi myelin dan integritas. Zat besi juga dibutuhkan untuk berfungsinya sistem neurotransmisi menyerupai dopamin, serotonin dan GABA. Kekurangan zat besi telah terbukti menghipnotis otak batang kegiatan telinga dan potensi mengakibatkan visual yang yang sanggup bertahan bahkan sesudah koreksi anemia defisiensi zat besi. Ada beberapa bukti yang memperlihatkan bahwa konsentrasi jaringan yang berlebihan dari besi sanggup mengakibatkan penyakit Parkinson pada orang dewasa. Zinc merupakan komponen penting dari lebih dari 200 metalloenzymes dan ada konsentrasi tinggi seng dalam otak (11). Tembaga merupakan komponen penting sitokrom oksidase dan superoksida dismutase di otak. Defisiensi tembaga dikaitkan dengan penyakit Menke sementara kelebihan tembaga merupakan penanda yang diakui penyakit Wilson, familial amyotrophic lateral sclerosis dan penyakit Alzheimer.
Sea food yaitu masakan yang baik untuk otak. Ikan dan minyak ikan yaitu sumber penting dari omega-3 asam lemak dan DHA. Asam lemak omega-3 yang diberikan sanggup mengurangi peradangan seluler dan pembuluh darah di otak, meningkatkan vasodilatasi dan menjamin integritas membran sel otak untuk menjaga mereka lembut dan elastis (12,13). DHA merupakan hampir separuh dari total lemak dalam membran sel otak. DHA yaitu materi bangunan untuk pembuatan pusat komunikasi sinaptik di otak. Hal ini meningkatkan tingkat "merasa baik" neurotransmitter serotonin dan "meningkatkan ingatan" asetilkolin kimia.
Tidak menyerupai orang dewasa, bayi tidak sanggup mengkonversi asam alpha-linolenic asam lemak rantai pendek menjadi DHA dan mereka harus diberi nutrisi penting ini de novo dalam makanan. Tabel daftar nutrisi penting yang diharapkan untuk pengembangan CNS (1). Ikan merupakan sumber yang baik dari omega-3 asam lemak, taurin, yodium dan seng. Kebetulan, junk food kaya omega-6 asam lemak trans yang membahayakan integritas SSP akan membuat membran sel yang kurang elastis dan lebih kaku.
Tabel 1 -Nutrisi cerdas untuk Otak
• Omega-3 asam lemak, asam dcosahexaenoic (DHA) dan asam arakidonat
• Vitamin B kompleks, asam folat, vitamin C, vitamin E
• Yodium, zat besi, seng, selenium
• Asam amino esensial termasuk taurin
• Kolin
• Antioksidan
Terlepas dari imbas samping eksklusif kekurangan gizi pada otak, ada konsekuensi tidak eksklusif dari kekurangan gizi pada perkembangan otak. Anak-anak dengan kurang gizi akan cenderung apatis dan lesu serta akan sedikit sekali untuk mengeksplorasi lingkungan mereka. Karena mereka dalam usia yang masih kecil, mereka diperlakukan sebagai "terlalu muda" dan diberikan stimulasi yang tidak pantas oleh orang bau tanah mereka. Perilaku berubah dan suasana hati bawah umur kurang gizi sering mengakibatkan sikap berubahnya si pengasuh terhadap mereka dengan buruknya tingkat interaksi dan acara bermain.
Peran antioksidan
Otak yaitu organ metabolik yang paling aktif dalam tubuh dan mengkonsumsi jumlah maksimum glukosa dan oksigen. Otak yang beratnya hanya 2% dari berat tubuh tetapi mengkonsumsi 20-30% dari seluruh energi. Ketika mitokondria memperabukan oksigen untuk menghasilkan energi, sebagian besar radikal bebas oksigen dilepaskan sebagai produk sampingan. Reaktif radikal bebas oksigen bertindak menyerupai rudal dan dinding serangan mitokondria, membran dinding sel dan menembus mendalam untuk merusak DNA nuklir. Mereka merusak sistem komunikasi SSP dengan mengakibatkan penyusutan dan pembubaran dendrit dan sinapsis. Otak yaitu organ fattiest tubuh yang membuatnya paling rentan terhadap peroksidasi lipid oleh radikal bebas oksigen. Antioksidan mempunyai tugas penting dalam menyiram kobaran api ini dalam mitokondria dan membran sel (14). Selain antioksidan endogen, sejumlah antioksidan eksogen atau masakan menyerupai vitamin C, vitamin E, beta-karoten dan aneka macam fitonutrien yang berkhasiat untuk melindungi neuron dan membran sel terhadap kerusakan tanggapan radikal bebas oksigen. Sejumlah mikronutrien menyerupai tembaga, seng, besi selenium, vitamin B2 dan vitamin B6 dll . juga diharapkan untuk fungsi optimal dari antioksidan endogen menyerupai glutation peroksidase, superoksida dismutase, catalases dan ceruloplasmin.
Konsekuensi neuropsikologi dari kekurangan gizi
Malnutrisi energi-protein merupakan penyebab penting stunting, pengembangan neuromotor yang tertunda, acara fisik berkurang, kemalasan dan kognisi yang jelek (15-17). Lebih dari 50% balita di negara kita terhambat. Anak terhambat mempunyai ukuran kepala yang lebih kecil, gangguan koordinasi neuromotor, kemampuan mencar ilmu tidak maksimal dan kemampuan mental. Anak terhambat mempunyai intelligence quotient sekitar 11 poin lebih rendah dibandingkan dengan anak normal (18). Pengerdilan demikian terkait dengan kualitas hidup yang jelek dan pengembangan sumber daya insan yang tidak maksimal. Kegiatan menyusui dan pengenalan akan gizi masakan pendamping seimbang padat energi ketika usia 6 bulan sangat penting untuk mencegah stunting dan meningkatkan pertumbuhan otak. Anak-anak harus didorong untuk mengkonsumsi diet yang ramah otak ( Tabel II ). Trimester terakhir kehamilan dan 3 tahun pertama kehidupan sesudah kelahiran merupakan yang paling kritis dan rentan terhadap imbas kekurangan nutrisi dan harus diberikan perhatian khusus dan perhatian oleh dokter kandungan dan dokter anak.
Tabel II -Brain ramah-Diet (1)
• buah-buahan musiman segar dan sayuran berdaun hijau *
• Lentil, kacang-kacangan, kacang tawar, almond dan kenari
• Unggas tanpa kulit, daging dan telur
• Ikan (Hilsa, pusava, boiler, salmon, sarden, makarel)
• Rasio omega-6 dengan omega-3 asam lemak dalam diet harus 04:01
• Batasi asupan garam, masakan olahan dan junk food
• Memastikan kecukupan vitamin dan mineral
* Ceri, bayam, bawang putih, buah-buahan sangat berwarna dan sayuran, plum dan kismis dll
merupakan sumber yang baik dari antioksidan.
Survei memperlihatkan bahwa hampir 50% bawah umur sekolah telah meninggalkan sarapan pagi. Telah terbukti bahwa meninggalkan sarapan akan merugikan dan menghipnotis pertumbuhan fisik, kekuatan dan semangat, mencar ilmu kemampuan, memori, prestasi akademis dan emosional dan psikologis kesejahteraan (19).
Berkorelasi klinis gangguan fungsi sistem saraf pusat alasannya yaitu kekurangan aneka macam mikronutrien ditunjukkan pada Tabel III (20-28). Gizi supplemen untuk bayi dan balita mempunyai manfaat meningkatkan memori dan kognisi dan imbas menguntungkan bertahan selama masa sekolah (29).
Tabel III-CNS Manifestasi Kekurangan Mikronutrien (20-28)
Akibat kekurangan Mikronutrisi
• Vitamin B1 (tiamin)
Demensia, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi
dan kebingungan, kehilangan memori
dan depresi
• Vitamin B2 (riboflavin)
Gangguan pada kinerja psikomotor
tes, neuromotor inkoordinasi
dan perubahan kepribadian
• Vitamin B3 (niacin)
Demensia, kehilangan memori, gugup,
distractibility dan skizofrenia
• Vitamin B6 (piridoksin)
Depresi, gampang marah, kehilangan memori,
ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, neuritis perifer
dan kejang
• Vitamin B12 (cobalamin)
Demensia, kehilangan memori, disorientasi
dan ketidakstabilan emosional
• Asam folat
Kehilangan memori, pelupa, depresi,
iritabilitas, introversi, kurang percaya diri,
autisme? gangguan perhatian dan stroke
• Vitamin C (asam askorbat)
Skor Mengurangi IQ, memori, aneh
berpikir dan kecerdasan non-verbal, diubah
perilaku dan peningkatan risiko stroke
• Vitamin E (tokoferol)
Memori jelek dan rentang perhatian, sementara
serangan iskemik tanggapan penyumbatan karotid
kapal dan peningkatan risiko Alzheimer
penyakit?
• Yodium
Somatik miskin dan pertumbuhan SSP, kelesuan,
tidak aktif, lesu, kurang konsentrasi, gangguan
kognisi dan ketiadaan koordinasi
• Besi
Kelesuan, apatis, kurangnya semangat dan
antusiasme, skor yang lebih rendah pada motor
pengembangan dan tes kognitif dan
nilai sekolah rendah
• Zinc
Kelesuan, penurunan memori visual,
perkembangan kognitif terganggu dan
masalah neuropsycho-logis
• Selenium
Depresi, mood rendah, tingkat energi yang rendah,
kecemasan dan stres
• Kolin
Proses penuaan ditingkatkan, memori miskin
dan fungsi mental, meningkat
risiko stroke alasannya yaitu ketinggian plasma
tingkat homocysteine.
• asam rantai panjang lemak esensial
Rentang memori pendek, kemampuan masyarakat miskin untuk
diskriminasi, agresi, permusuhan,
ketidakmampuan belajar, disleksia? rendahnya perhatian
Stimulasi dan perkembangan otak
Otak kita dibagi menjadi dua cuilan atau belahan yang sama. Belahan kiri terutama bertanggung jawab untuk logika, penalaran, kognisi dan kemampuan analisis menyerupai bahasa, berbicara di depan umum dan matematika. Korteks dari belahan kanan bertanggung jawab untuk pengembangan karakteristik seni menyerupai musik, tari, lukis, puisi, kedamaian, ketenangan, wawasan, emosi, persepsi ekstra-indrawi, kreativitas, pikiran intuitif dan spiritualitas. Setiap kegiatan yang merangsang kedua Hemis-pheres secara bersamaan mempromosikan pengembangan intelijen global. Hippocampus yaitu berkaitan dengan interaksi sosial, emosi dan memori ketika kelenjar pineal diyakini dingklik spiritualitas.
Bayi mempunyai kebutuhan biologis untuk belajar. Setiap stimulasi melalui indera khusus nya (pendengaran, penglihatan, rasa, amis dan sentuhan) yang diberikan selama hidup dan prasekolah janin tahun mempunyai imbas mendalam pada pertumbuhan dan pematangan otak (30). Telah terbukti bahwa acara stimulasi sanggup mendorong pertumbuhan lebih cepat, meningkatkan koordinasi gerakan otot, meningkatkan rentang konsentrasi dan meningkatkan IQ bayi sebanyak 15 poin. Ada bukti eksperimental yang memperlihatkan bahwa tikus dipelihara dalam merangsang lingkungan dengan beramai-ramai menyenangkan dan permainan mempunyai sel-sel otak ekstra 50.000 pada setiap sisi hippocampus mereka dibandingkan dengan tikus dipelihara dalam sangkar biasa. Ketika tikus ditempatkan di atas treadmill, itu menginduksi sel-sel otak mereka untuk menghasilkan sebuah "faktor pertumbuhan" yang merangsang pertumbuhan dendrit sehingga memperluas jaringan komunikasi. Pertumbuhan neuron terjadi tidak hanya di cuilan otak yang mengontrol fungsi motorik, tetapi juga di daerah-daerah yang mengontrol memori, penalaran, berpikir dan belajar. Latihan, acara bermain dan fungsi antar-aktif dikreditkan untuk meningkatkan sirkulasi otak dan produksi antioksidan.
Stimulasi bayi harus dimulai di dalam rahim. Hal ini juga diketahui bahwa janin tidak merespon ibu mereka detak jantung dan suara. Kami mempunyai beberapa pola pembelajaran dalam rahim dalam mitologi India. Abimanyu pelajari dalam rahim ibunya, cara memasukkan chakarvyuh ketika ayahnya Arjun menjelaskan prinsip-prinsip dan teknik mekanisme masuk ke istrinya yang tengah hamil Subadhra . Ibu harus memperlihatkan sugesti aktual kepada bayinya setiap kali beliau dalam suasana santai dan sebelum tidur. Janin yang paling waspada pada sore dan malam antara 8:00 hingga sekitar tengah malam. Tampaknya bahwa ketika ibu berbaring untuk beristirahat, bayinya bangkit dan menendang. Ibu sanggup menghubungi bayinya dengan nama kesayangan dan menyampaikan misalnya, "ini yaitu umi, saya mencintaimu sayang, saya menyayangimu, Kamu akan menjadi bayi yang cerdas. Kamu akan menjadi baik, murah hati dan penuh kasih insan ". Ibu harus mengulang saran ini di malam hari hingga beliau pergi tidur. Ibu juga bisa menyenandungkan lagu yang menenangkan, membaca sajak atau dongeng keberanian atau bernyanyi lagu pengantar tidur. Setelah 5 bulan kehamilan, ibu harus mengayun dengan lembut dan perlahan di dingklik goyang dengan ayunan sedang per menit beberapa kali dalam sehari. HAl ini memungkinkan untuk meningkatkan pengembangan neuromotor dan kemampuan koordinasi bayi.
Selama masa bayi dan tahun-tahun sebelum sekolah, orang bau tanah harus secara aktif berinteraksi dengan bayi mereka. Bayi dilarang ditinggalkan sendirian di tempat tidurnya atau dengan mainannya. Bayi harus dirangsang ketika beliau waspada dan penuh perhatian dan tidak ketika ia mengantuk atau lapar. Ekstra membelai, menyentuh, membelai, memeluk, kulit-ke-kulit dan pijat yang sangat merangsang. Selama enam bulan pertama, bayi suka melihat garis-garis hitam dan putih, papan checker, dan kotak. Mereka harus diberikan kesempatan untuk melihat benda warna-warna cerah. Musik yang bertempo, ritme, melodi dan harmoni dan merangsang otak bayi. Bayi suka mendengarkan musik klasik atau instrumental dan kebanyakan anak memperlihatkan gerakan menari impulsif ketika menonton musik cepat beramai-ramai di TV. Anak-anak menikmati berbaring di perut mereka dan membuat gerakan berenang. Bayi mencar ilmu keterampilan gres melalui pengulangan dan orang bau tanah harus mengulang stimulus hingga bayi tidak lagi tertarik atau beliau bosan. Selain meningkatkan pengembangan neuromotor dan meningkatkan pematangan otak, acara bermain interaktif memperlihatkan kenikmatan yang besar dan menyenangkan untuk orang bau tanah dan meningkatkan ikatan orangtua-anak.
Kesimpulan
1. Nutrisi optimal selama kehamilan dan 3 tahun pertama kehidupan yaitu yang paling penting alasannya yaitu 70% dari otak insan berkembang selama kehidupan janin dan 30% sisanya selama tahun-tahun prasekolah.
2. Setiap bayi harus diberi ASI untuk meningkatkan pertumbuhan otak yang cepat selama masa bayi. Nutrisi yang berkualitas pada ibu akan meningkatkan kualitas ASI.
3. Anak-anak harus didorong untuk mengambil diet yang ramah-otak kaya nutrisi cerdas dan antioksidan. Junk food dan minuman ringan harus diperkecil. Ketika 100% RDA dari semua mikronutrien tidak sanggup dipenuhi melalui sumber masakan alasannya yaitu anak rewel, maka perhiasan gizi yang dianjurkan bisa diberikan untuk memastikan perkembangan otak yang optimal.
4. Anak-anak yang sedang sekolah dilarang melewatkan sarapan mereka alasannya yaitu berdampak pada pertumbuhan fisik dan kemampuan belajar.
5. Selain nutrisi, acara fisik dan stimulasi sama-sama penting untuk mempromosikan perkembangan otak dengan pembentukan koneksi interneuronal, sinapsis dan dendrit. Stimulasi bayi harus dimulai dalam rahim dan terus berlanjut sepanjang tahun-tahun formatif selama masa kanak-kanak.
Disarikan dari indianpediatrics.net