Modul Penyusunan Soal Hots (Higher Order Thinking Skills)


Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Modul ini terdiri atas 3 (tiga) bahan pokok yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam penyusunan soal-soal HOTS . Penyajian bahan pada modul ini diawali dengan pemaparan fokus dan uraian bahan pada masing-masing bahan pokok. Sedangkan pada bab final modul dilengkapi dengan penugasan dan refleksi.

Materi-materi pokok dalam modul ini ialah sebagai berikut :

  1. Materi Pokok 1: Pengertian dan Konsep Soal HOTS
  2. Materi Pokok 2: Peran Soal HOTS dalam Penilaian
  3. Materi Pokok 3: Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS

Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang dipakai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melaksanakan pengolahan (recite).

baca juga:
Panduan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) PDF


Soal-soal HOTS pada konteks asesmen mengukur kemampuan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari aneka macam informasi yang berbeda-beda, 4) memakai informasi untuk menuntaskan masalah, dan 5) menelaah wangsit dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit dari pada soal recall.

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, bahwa modul ini terdiri atas 3 (tiga) bahan pokok yang masing-masing membahas bahan yang saling berkaitan satu sama lain, terdiri atas:

1. Materi Pokok 1: Pengertian dan Konsep Soal HOTS


Bagian ini membahas ihwal pengertian dan konsep soal HOTS, karakteristik soal-soal HOTS yang merupakan ciri khas soal HOTS dengan soal-soal bukan HOTS, level kognitif, dan langkah-langkah menyusun soal HOTS. Selain itu, pada bab ini juga dipaparkan ihwal bentuk-bentuk soal HOTS.

2. Materi Pokok 2: Peran Soal HOTS dalam Penilaian


Bagian ini membahas ihwal tugas soal HOTS dalam Penilaian disekolah, terkait dengan upaya penyiapan kompetensi yang diharapkan penerima didik menyongsong kala ke-21. Membangun kemampuan berpikir kreatif, inovatif, kritis, dan toleran serta kemampuan pemecahan dilema merupakan kompetensi esensial yang sanggup dilatih berbasis pembelajaran dan evaluasi kelas.

baca juga:
Contoh Format Penilaian Autentik MA Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013
Kumpulan Contoh Daftar Nilai Kurikulum 2013 Untuk Guru Kelas SD MI


Peran soal HOTS lainnya dalam evaluasi ialah meningkatkan mutu penilaian, membangun rasa cinta dan peduli penerima didik terhadap kemajuan daerahnya, serta sanggup memotivasi siswa berguru sebagai bekal terjun ke masyarakat.

3. Materi Pokok 3: Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS


Pada bab ini membahas ihwal Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS, dimulai dari kebijakan di tingkat sentra (Direktorat Pembinaan SMA), dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota, hingga pada implementasinya pada tingkat satuan pendidikan. Semua komponen harus terlibat secara aktif untuk ikut ambil bab dalam melaksanakan kebijakan ihwal evaluasi hasil berguru memakai soal-soal yang HOTS dalam Penilaian.

Download Modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Itu saja dari aku ihwal Modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam bentuk format PDF, agar bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel