Pentingnya Kesehatan Gusi Dan Gigi Ibu Hamil

Senang rasanya jikalau bunda memasuki masa kehamilan Pentingnya Kesehatan Gusi Dan Gigi Ibu Hamil

Senang rasanya jikalau bunda memasuki masa kehamilan.  Bagi seorang perempuan ,mengandung merupakan pujian tersendiri.  Akan tetapi apabila bunda sudah hamil maka tugas selanjutnya yaitu menjaga kehamilan dengan seksama semoga nantinya bayi yang dilahirkan bisa sempurna dan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Selama perjalanan kehamilan, asupan gizi dan contoh hidup perempuan hamil harus dijaga dengan betul agar perkembangan calon bayi sanggup maksimal.  Tak kalah pentingnya yaitu bunda hamil harus menjaga kesehatan verbal terutama kesehatan gusi. Karena kesehatan gusi jikalau diabaikan selama masa kehamilan sanggup besar lengan berkuasa terhadap janin yang sedang dikandung.

Hal yang biasanya terjadi berkaitan dengan kesehatan verbal yaitu terjadinya radang gusi. Radang gusi jikalau tidak diobati maka akan sanggup bertambah parah.  Kondisi ini sanggup menyebar ke organ lain dan menimbulkan infeksi atau dalam istilah kedokteran disebut dengan focal infection.  Oleh karena itu bunda hamil harus menjaga kesehatan mulut.

Seorang ibu hamil yang terkena Periodontitis berpeluang besar mempengaruhi kondisi janin.  Periodontitis yaitu infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.  Efek radang gusi ini sanggup mempengaruhi berat tubuh bayi yang menjadi tidak ideal. Efek negatif yang terburuk yaitu janin sanggup terlahir cacat. Kuman-kuman penyakit gusi apabila ia terbawa ke organ lainnya yaitu sanggup menimbulkan jantung dan gangguan pencernaan jikalau basil menyebar ke wilayah organ tersebut.

Tanda-tanda penyakit gusi yang sanggup kita rasakan yaitu gusi terasa bengkak, terjadi pendarahan pada gusi, timbul rasa ngilu dan munculnya bacin verbal atau halitosis. Penyebab utamanya yaitu kurang menjaga kesehatan verbal yang kesudahannya muncul plak pada gigi.

Sebagai langkah awal pencegahan semoga tidak terjadi radang gusi yang akut yaitu dengan rajin menyikat gigi minimal 2 kali dalam satu hari, menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.  Langkah selanjutnya yaitu rutin mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan rutin cek kesehatan gigi ke dokter.  Untuk cek kesehatan gigi dianjurkan dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Kesehatan dan kebersihan verbal merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan khususnya ibu yang sedang hamil.  Meskipun terlihat sepele mengabaikan hal ini bisa menyebabkan imbas jelek untuk kesehatan janin yang sedang dikandungnya.  Jika bunda hamil mengalami keluhan sekitar verbal maka baiknya segera konsultasikan ke dokter semoga bisa ditangani dengan segera dan tidak besar lengan berkuasa terhadap bayi yang sedang dikandung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel